wudhu dan kesehatan

Posted: Agustus 21, 2013 in catatan agama, catatan kesehatan
Tag:, ,

wudhu, kesehatan, lho apa hubungannya

 photo 9e7b5588-bff4-4d27-a38c-94464545fb78_zpsdd44bee6.jpg

sahabat, sebagai seorang muslim pasti ga asing lagi dengan kata wudhlu. yupz, wudhu erat banget kaitannya dengan sholat. tiap mau sholat pasti kita harus wudhu, klo ga ada air bisa tayamum. wudhu adalah termasuk syarat sahnya sholat so, klo ga wudhu dulu shalat kita ga sah seperti di jelaskan hadist Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam, beliau bersabda :


“Allah tidak akan menerima shalat seseorang di antara kalian apabila kalian berhadast, sehingga dia berwudhu”

(HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

sahabat di balik aktifitas wudhu yang kita lakukan ternyata ada banyak manfaat lho yang bisa di dapat *mangkanya sering -sering wudhu*. nah sekarang yang coba saya bahas adalah hubungan wudhu ama kesehatan. sebenarnya ada banyak banget artikel dan buku-buku yang ngebahas hubungan antara wudhlu dan kesehatan. ini coba saya gabung aja biar enak bacanya ya 

1. membasuh wajah

kegiatan membasuh wajah saat wudhu selain bikin kita seger dan ga ngantukan lagi ternyata pijatan air pada wajah juga bisa berdampak positif pada usus, ginjal, system syaraf dan reproduksi kita.  *upss…klo ini mencubit wajah ya hehehe…

2. menghirup air dari hidung

menurut penelitian, kagiatan menghirup air dari hidung ketika kita wudhu efektif nangkal ISPA (infeksi saluran pernafasan akut), TBC, dan kanker *asal jangan kebablasan dan abis menghirup jangan lupa di keluarkan

3. membasuh kaki (kiri),

kebetulan yang kaki kanan belum nemu, yang nemu baru kaki kiri doang. tapi insya Allah yang kaki kanan juga apsti ada dampak positifnya bagi kesehatan kok *jangan gara2 tulisan saya ini ntar pas wudhu kaki kanannya ga di basuh lho ya *. ok, membasuh kaki kiri ketika berwudhu ini punya efek kepada kelenjar pituitary, otak yang ngatur fungsi kelenjar endoktrin (kelenjar endoktrin itu kelenjar yang ngatur pengeluaran hormon plus ngendali’in pertumbuhan)

4. membasuh telinga

di telinga ada ratusan titik biologis yang bisa nurunin tekanan darah dan ngurangi sakit.

selain itu di bukunya Mothar Saleem (a Sport for the body and soul) juga di jelaskan klo wudhlu ternyata bisa mencegah kanker kulit
why

kok iso?? “kok bisa??”
klo lihat penjelasan di bukunya masuk akal juga sih. jadi waktu kita melakukan aktifitas, bahan-bahan kimia yang ada di lingkungan sekitar kapanpun kan bisa nempel di tubuh. katanya klo ga segera di bersihkan ntar bahan-bahan kimia itu bakalan di serap oleh kulit. katanya “lagi” di buku itu, pencegahan yang efektif ya bersihkanlah secara rutin. nah sekarang pertanyaannya..wudhlu kita berapa kali sehari ya? terus-terus belum lagi di tambah  plus-plusnya *plus duha, tahajud,dkk* yupz, minimal 5 kali sehari kita selalu nyirami badan ini pake air. katanya “lagi” itu sudah lebih dari cukup buat menangkal kanker kulit yang di akibatkan limbah kimia di lingkungan.

sahabat islam itu indah, dan semua yang kita lakukan pasti ada hikmahnya.moga tulisan saya bermanfaat ya buat sahabat selakian🙂

Photobucket
Salam Persahabatan ,-

~Semoga Bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga, serta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.

Komentar
  1. perkofashion mengatakan:

    segerrrr,dan perlu banyak beribadahhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s