Tips Fotografi dengan Alat Terbatas

Posted: Januari 9, 2010 in catatan photograpy

Kreativitas memang menjadi kunci utama dalam mamulai seni, ide-ide original dan inovatif pun menjadi daya tarik tersendiri buat para pelaku seni agar karyanya bisa dilirik orang. Namun saat ini sayang sekali kalau kreativitas kita terbentur dengan keterbatasan alat.

foto yuk

Sebenarnya sama sekali tak ada hubungannya kreativitas seseorang dengan kecanggihan teknologi yang bisa digunakan saat ini. Seringkali kita dengar kalau teknologi yang canggih hanya “membantu” kita untuk lebih berkreasi more and more again,yang penting adalah seberapa kreatifkah kita dalam mengolah hal tersebut.

Berikut beberapa tips “mengakali” keterbatasan alat

1. yang jelas pertama kita harus mempunyai minat, dan kemauan yang kuat serat kemana arah akan kita lalui semua harus jelas, serius atau tidak menekuni fotografi.

2. Pikirkan sesuatu secara terbalik

Memikirkan sesuatu secara terbalik mempunyai kekuatan yang sangat besar untuk kita, semisal waktu kita punya pikiran “wah, mereka itu berbakat ya? saya?”. Nah kenapa tak dibalik saja menjadi “Wah, mereka berbakat sekali ya? pasti aku juga nih”, gimana,pasti akan membuat kita jadi percaya diri selain itu juga akan menjadi kekuatan tersendiri buat kita.

3. Selalu bersyukur

syukur merupakan wujud dari kepuasan kita terhadap sesuatu kemudian diimbangi dengan usaha yang maksimal,insya Allah akan memperoleh hasil yang maksimal pula.

4. Jangan Minder dan percaya diri

Yang penting jangan minder dan pede setengah mati. Saat berhasil mendapatkan foto model agency jangan terlampau berbangga hati. Dan kalau tidak mendapatkannya, jangan patah semangat.

5. Sering melakukan “Brainstorming”

Aktivitas brainstorming atau pengumpulan ide-ide jadi aktivitas yang asik dalam fotografi, tak jarang ide gila bisa kita jadikan tema untuk karya kita. Sering melakukan brainstorming, dengan sendirinya otak kita jadi tajam untuk hal kreativitas yang satu ini.

6. Jangan Mencontek Karya

Hal ini sering dilakuin para newbie, isi dapetnya suatu inovasi, tapi kalau kita selalu mengandalkan inovasi, ide-ide brillian milik kita akan mati dengan sendirinya. Mari sama-sama kita meng-Original karya kita. Setelah semuanya kita lalui, ada kalanya kita harus selalu belajar dan belajar, tanya ke orang yang lebih senior dan tidak ada salahnya ikutclub fotografi. Di sana kita bisa berbagi pengalaman. Ambil yang positif, dan negatifnya dibuang jauh-jauh.

OK,mudah-mudahan sedikit tips dari saya dapat membantu kalian yang ingin belajar memulai berfotografi ria.

semoga bermanfaat…

Komentar
  1. choirul mengatakan:

    iya saya kira ada tips bagaimana memfoto… ternyata pola pikir kita ya. mantap deh

  2. kang ian mengatakan:

    oh kirain ada tips tips cara moto😀
    nice tips mas makasih..
    pertamax nih ^^ soalnya blom update..
    o ya mas itu koq daftar isinya scrolnya g keliatan sih
    caranya gimana ya
    ilmu wp mas bagus juga
    saya belajar y sama mas hehe
    kalau bisa jawab di blog saya y mas
    makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s