ketika ramadhan itu tiba

Posted: Agustus 11, 2010 in ramadhan
Tag:, , , , ,

Apa yang sahabat rasakan ketika bulan suci ramadhan tiba??

tamu agung “bulan suci nan mulia”baru aja tiba. tapi kemeriahan menjelang datangnya tamu agung ini sudah bisa kita rasakan pada akhir-akhir minggu ini. mulai dari bacaan Al-qur’an yang  di galakkan di masjid-masjid sampai yang main  pelan-pelan tapi pasti juga nggak mau ketinggalan menyambut datangnya bulan suci ramadhan (kayaknya yang ini khas indonesia banget ya ).

sahabat,apa yang kalian rasakan ketika ramadha tiba??

kebanyakan orang pasti bilang senang ketika ramadhan itu tiba. Apa itu senang karena dagangannya akan laku keras untuk yang berdagang, senang karena akan dapat baju baru sampai mungkin yang anak-anak senang karena dengan datangnya bulan ramadhan  biasanya musim petasan pun di mulai. di samping itu ternyata nggak semua orang senang lho dengan datangnya bulan ramadhan. ternyata setelah mencari dan mencari saya menemuka ada 4 tipe manusia ketika hendak menyambut datangnya bulan ramadhan. sebenarnya ada dua sih tapi yang dua lagi saya tambah sendiri

  • orang yang bergembira dengan datangnya ramadhan (bersuka cita):

orang tipe seperti ini merasa sangat gembira dengan datangnya ramadhan. jadi jauh sebelum ramadhan itu tiba orang tipe ini sudah bersiap diri untuk menyambut datangnya ramadhan dengan memperbanyak puasa sunnah (rajab dan sya’ban) sebagai pemanasan sebelum datangnya puasa ramadhan. nggak lupa juga mereka mempelajari rambu-rambunya bulan ramadhan  agar nggak ada waktu yang terbuang sia-sia ketika ramadhan itu tiba. seperti sabda rasulullah SAW:

“Barang siapa yang puasa ramadhan dan mengetahui rambu-rambunya dan memperhatikan apa yang semestinya diperhatikan, maka itu akan menjadi pelebur dosa yang dilakukan sebelumnya.”

(HR. Ibnu hibban dan Al baihaqi)

inilah tipe orang yang memburu rahmat dan barokah di bulan ramadhan dan nggak ingin ramadhan berlalu gitu aja tanpa ada suatu hal yang berarti dalam hidupnya.

  • orang yang berduka dengan datangnya ramadhan (berduka cita):

ternyata selain bersuka cita ternyata ada juga lho orang yang berduka cita ketika menyambut datangnya bulan suci ramadhan. orang tipe ini akan merasa lebih takut jatuh miskin ketimbang mencari rahmat Allah di bulan ramadhan karena harus menutup dagangannya di siang hari. atau mereka lebih takut pendapatanya menurun karena selama bulan ramadhan tempat-tempat hiburan malam harus di tutup. intinya yang ada dalam pikiran orang tipe ini bulan ramadhan adalah bulan yang sangat merugikan bagi mereka. linilah tipe orang yang di perbudak oleh hawa nafsu dan rela menggadaikan kehidupan akheratnya untuk kesenangan dunia sesaat.

  • orang yang bersikap abu-abu dengan datangnya ramadhan:

orang tipe ini hanya menganggap ramadhan sebagai suatu rutinitas tahunan. mereka nggak mempersiapkan apa-apa ketika ramadhan akan tiba tapi juga nggak merasa di rugikan dengan datngnya bulan ramadhan. ibaratnya dengan adanya ramadhan  kewajiban mereka menjadi bertambah selain sholat 5 waktu seperti adanya puasa,dan tarawih plus nggak lupa bangun pagi untuk sahur dan berbuka ketika maghrib menjelang.inilah tipe orang yang menganggap ramadhan sebagai rutinitas tahunan dan nggak menjadikan ramadhan sebagai sesuatu yang berati dalam hidupnya

  • orang yang bersikap setengah putih dengan datangnya ramadhan:

kenapa saya katakan setengah putih?? soalnya mereka salah tafsir tentang kegembiraan datangnya bulan ramadhan. mereka merasa gembira dengan datangnya bulan ramadhan karena akan melariskan dagangannya seperti kurma,pakaian muslim,ta’jil yang memang sangat di buru di saat bulan ramadhan. padahal itu semua termasuk berkah di bulan ramadhan.

itulah ke 4 tipe yang sering kita temui ketika akan tibanya bulan ramadhan. semoga kita semua termasuk tipe yang pertama yang merasa gembira dengan datangnya bulan ramadhan dan nggak hanya gembira tapi kita mempersiapkan dengan sungguh-sungguh untuk menyambutnya.

Salam Persahabatan ,-

~Semoga Bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga,jiwahatiku,wahdah,serta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.


Artikel lain:

artikel wordpress:

Tips memasang banner di blog

Trik memasang kode di postingan dengan benar agar bisa di copy paste pengunjung dengan baik

Cara memasang google translate di blog

kode gambar google translate

Cara memasang widget di sidebar

Cara memasang yahoo massanger di blog

Membuat latar belakang berwarna

artikel SEO:

artikel photography:

Situs gambar dan foto berkualitas tinggi

artikel kehidupan:

Kesederhanaan hidup seorang pembesar

Hanya segelas es teh

Indahnya kata maaf…

Kenyataan Tragis Di Balik Kemeriahan World Cup 2010

kisah di masjid ampel

artikel agama:

bank ajaib

artikel umum:

Perpeloncoan “Antara pendewasaan ataukah kebiasaan buruk”??

Sisi Lain World Cup 2010
 Afrika Selatan

Cara mendapatkan antivirus kaspersky gratis dan legal

memasang gambar animasi upin dan ipin di blog

Komentar
  1. Puspita mengatakan:

    yahh.. kok blm posting lg?hehe..

    oya, mohon dukungan vote buat blogku ya, caranya http://blog.beswandjarum.com/puspitaningtyasaisyah/profil/

  2. darmantomuat mengatakan:

    ROMADHON ADALAH BULAN YANG MAMPU MENGUBAH TATANAN SOSIAL KEHIDUPAN DALAM SEKEJAP….

    MET PUASA YA MAS… makasih tetap berkunjung dan maaf baru muncul lagi🙂

  3. vany mengatakan:

    Marhaban ya ramadan…
    Met puasa ya..
    Mhn maaf klo ada slh dan khilaf jg…🙂

  4. Usup Supriyadi mengatakan:

    memang banyak yang gembira, namun gembiranya bersifat duniawi, yakni mudiklah, lebaranlah, dan lainnya, padahal, sahabat dan rasul itu gembira karena di bulan ini Allah membuka pintu surga sebesar-besarnya, dan segeralah meraih ampunan Allah. Subhanallaah, amin semoga kita masuk ke tipe pertama…😀

  5. ummurizka mengatakan:

    Assalamu’alaikum…maaf baru dapat balas berkunjung..selamat menunaikan ibadah puasa semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT..amin.amin dan semoga kita termasuk golongan orang yang bergembira dengan datangnya ramadhan (bersuka cita).

  6. FiyaFiya mengatakan:

    Selamat berPUAsa mas.
    M0ga kita semua mendapat bAnyak beRkah

  7. FiyaFiya mengatakan:

    Assalamu’alaikum,
    M0h0n Maaf Lahir dan bAtin y kak..
    Happy Ramadhan, sem0ga kita semua mendapat banyak berkah. Amin.

  8. Mentol Bulat mengatakan:

    Saya rasa sungguh seronok dalam bulan mulia ini RaMADHAN jika boleh biar ianya berterusan setahun hendaknya..

  9. bluethunderheart mengatakan:

    saatnya bersemangat
    salam hangat dari blue

  10. Mila mengatakan:

    Selamat puasa, semoga ramadhan kali ini lebih baik dari ramadhan sebelumnya, amien!

    maaf saya baru sempat mampir, salam persahabatan🙂

  11. nurrahman18 mengatakan:

    yuk perbanyak ibadah🙂

  12. فتر mengatakan:

    Selamat menjalankan ibadah puasa.🙂

  13. Sugeng mengatakan:

    Semoga bisa melewati Ramahan tahun ini dan bisa kembali menjadi insan yang fitri😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  14. bluethunderheart mengatakan:

    met menikmati puasanya y,kawan
    salam hangat dari blue
    maafkan jika blue salah

  15. nymph34 mengatakan:

    saya senang ramadhan kalli ini, tapi juga sedih karena puasa sendiri… nggak bareng keluarga..😦

  16. zahirahatake mengatakan:

    semoga kita termasuk ke dalam golongan orang2 yang senang dengan dtgnya bulan ramadhan, senang dalam artian yang sebenernya.

    kunjungan di bulan puasaa.. :))
    selamat berpuasa kak. ^^

  17. Adi mengatakan:

    marhaban ya ramadhan..
    Semangat buat puasa…

  18. FaDhLi mengatakan:

    Waduh komentar q kok bsa masuk ke sini… Sory ya bro…😀

  19. FaDhLi mengatakan:

    Mohon maaf lahir & batin mbak…😀

  20. FaDhLi mengatakan:

    hmmm… masuk tipe yg mna ya…

  21. nandini mengatakan:

    yang diatas ngomongin perasaan kok di bawahnya ngomongin warna?😀
    saya sering memilih ada di area abu-abu.. tapi untuk Ramadhan?? I’m in Love…😳

    Selamat berpuasa ya Triiz..😉

    • Catatan SederhaNa mengatakan:

      hehehe,yg di bawahnya kan saya tambah sendiri mbak😀
      terinspirasi wktu liat acara debat di TV one mbak cz abu2 identik sm ketidakpastian:mrgreen:
      kl setengah putih mksudnya setengah baik gitu,hehehee…

      salam persahabatan ,-

  22. erywijaya mengatakan:

    Semoga saia termasuk orang yg bergembira dan bersuka cita masih bisa bertemu bulan ramadhan🙂

  23. kang ian mengatakan:

    semoga kita menjadi salah satu orang yang bersuka cita menyambut rhamadan ini y mas
    makasih atas tulisannya ^^

  24. Amin……..
    Selamat berpuasa……

    Salam Persahabatan…🙂

  25. Ifan Jayadi mengatakan:

    Mudah2an aku termasuk orang yang bergembira dengan datangnya ramadhan. Amin. Dan tak lupa saya ucapkan selamat menyambut puasa ramadhan. Semoga kebaikan dan keberkahan selalu tercurah kepada kita di bulan ini. Dan kita bisa meningkatkan amal ibadah secara berkesinambungan. Tak lupa juga mohon maaf apabila selama ini ada komentar2 saya yang mungkin tidak berkenan.

  26. bintangzohra mengatakan:

    selamat berpuasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s