apa sih RSS,RSS reader dan feed itu?

Posted: Mei 9, 2010 in catatan komputer & internet, catatan wordpress, Uncategorized
Tag:, , , , , ,

apa selama ini punya banyak blog favorit,masih membuka satu persatu blog tersebut untuk mengunjunginya dan anda merasa hal tersebut memakan banyak waktu anda .mungkin artikel ini dapat menjadi solusi untuk masalah anda.

pada awal berhubungan dengan yang namanya dunia internet saya tidak begitu akrab dengan  RSS yang selalu terpampang di setiap blog.maklum lah,memang pada saat itu saya belum punya blog dan tidak begitu tahu kegunaannya.sampai suatu saat saya mempunyai blog dan mulai mencari-cari informasi yang berguna dan ingin saya share kepada para sahabat setia catatan sederhana.

biasanya dalam menulis saya membutuhkan beberapa referensi yang bisa di jadikan inspirasi dalam menghasilkan suatu karya tulis.jadi saya punya beberapa blog favorit yang saya jadikan rujukan untuk mencari inspirasi tersebut.pendek kata saya tidak ingin dong ketinggalan artikel-artikel terbaru yang di posting oleh blog-blog favorit saya.tapi kendala mulai muncul saat saya ingin mengtahui perkembangan terbaru blog favoritku.kan ngga mungkin jug tiap mau nulis harus berkunjung satu persatu ke blog favoritku soalnya blog favoritku ngga cuma ada satu tapi puluhan.

setelah googling sana-sini akhirnya saya menemukan artikel yang dapat mengatasi masalah tersebut.jika anda membuka suatu web maka semua isi yang sebenarnya tidak kita butuhkan juga akan ikut terbuka (header,footer,widget,dll) dengan menggunakan RSS reader kita dapat menghemat waktu kita untuk membuka web-web favorit kita berapapun jumlah hanya dalam waktu beberapa menit saja dan hanya isi/konten saja yang akan di tampilkan.

lho,kenapa bisa begitu ?? gimana caranya ?? itulah yang namanya RSS.untuk RSS sebenarnya terdapat tiga komponen penting yang tidak dapat di pisahkan yaitu RSS,RSS reader dan feed/pengumpan.terus pasti akan timbul pertanyaan di benak kalian,apa sih fungsi ketiga komponen tersebut??

karena saya juga masih belajar mungkin saya akan menggambarkan cara kerjanya dengan analogi berikut ini:

anggap saja kalian adalah wartawan yang mencari dan menulis berita. kalian di tugaskan meliput berita tenteng lumpur lapindo,kasus bank century,dll.pastiya kalian akan mencari orang sekitar yang mengerti betul dan selalu mengikuti perkembangan tentang lapindo ,century,dll(RSS).kemudian anda menyuruh anak buah anda (feed/pengumpan) untuk mengumpulkan semua perkembangan lapindo,century,dll dari sumber-sumber tersebut (RSS)  dalam suatu editor (RSS reader).jadi jika anda ingin menulis berita anda tinggal melihat semua perkembangan terbaru dari lapindo,century,dll di editor sambil anda mencari info-info terhangat yang sedang in saat ini.

gimana analoginya,mudah-mudahan  kalian ngga jadi semakin bingung ya dengan analogi yang saya buat tadi (amienn😀 ).

untuk kalian yang masih bingung dengan analogi tersebut dan ingin tahu pengertian secara umum jangan khawatir saya akan coba jelaskan juga.RSS merupakan versi sederhana dari sebuah website dengan format XML. RSS reader adalah aplikasi yang di gunakan untuk membaca RSS sedangkan feed (pengumpan) merupakan suatu format data yang di gunakan untuk melayani isi yang selalu di perbaruhi.jika di gabung kurang lebih akan menjadi :RSS sebagai sumber informasi di kumpulkan oleh feed dan di baca oleh RSS reader.jadi jika kita sudah berlangganan feed tapi ngga ada RSS reader kita ngga bisa membaca isi artikel yang di buat dalam format RSS.

untuk RSS reader sendiri ada 2 jenis:

  1. web based : Google Readerbloglines

ke dua jenis RSS ini masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.untuk kalian yang punya komputer/laptop sendiri namun jarang online mungkin dekstop dased menjadi lebih cocok untuk kalian karena dapat di baca saat offline.tapi karena dekstop based ini terinstal di komputer otomatis ngga bisa di buka di komputer lain(warnet,dll).tapi untuk kalian yang sering online mungkin pilihan web based lebih menguntungkan karena dia berbentuk web aplication jadi ngga di perlukan instalasi dan bisa di buka di mana saja dengan komputer apa saja asal terhubung ke internet.

jujur saya belum coba semuanya sih tapi untuk dekstop based banyak yang merekomendasikan pakai snarfer soalnya selain tampilannya simple juga mudah di gunakan.sedangkan yang web based rekomendasi jatuh ke google reader karena sudah terintegrasi dengan google account fiturnya juga lebih komplit.

wah kayaknya sudah lumayan panjang nih..!! mungkin itu dulu yang bisa saya share ke para sahabat.mudah-mudahan di lain waktu saya bisa memposting artikel yang lebih menarik,amien…

~semoga bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga,bloggingly,serta para sahabat bloger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.

Komentar
  1. Tridigen mengatakan:

    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat. Sudah bertahun2 mengenal istilah rss, feed, dan rss reader tapi baru ngeh maksutnya sekarang. Hahaha. Analoginya bagus dan sangat membantu😀

  2. deka mengatakan:

    Bisa tolong kasi tau cara ngeblog dan aplikasi blog atau rss untuk hp bb gak,,tanks sukses slalu

  3. Awal mengatakan:

    thanks info’a bermanfaat bgt,,,maklum ru blajar ngeblog,,hehe

  4. wiwin mengatakan:

    kt ga mau org lain tau isi email kt ato fb kt bs ga disimpan di rss?

  5. wiwin mengatakan:

    sy ingin tanya apakah rss itu bs mnyimpan fb ato email kt? shg jk kt mau tau email kt trbaru ato mau fb kt buka rss?

  6. Ayik setiadi mengatakan:

    Salam kenal ya…tanks info nya…baru mulai buat blog nih…kalau punya info untuk blogger pemula boleh donk di kirim….

  7. kikakirana mengatakan:

    tau nggak siiiiiiiieeeeeeehhhhhhhh…… setelah sekian lama QK muter” mencari pengertian rss, feed, deuch…. keterangan sich banyak tapi QK tetep aja nggak ngerti… tapi akhirnya sekrang mengerti berkat analogi dari kmu… hahaha😆

    bener” berterima kasih kepadamu😀

    HIDUP!!! ^_^

  8. suwegad mengatakan:

    analoginya bikin mudah dimengerti…

  9. mimiberbagi mengatakan:

    keren postnya..mudah dicerna…dulu aku juga gak ngerti apa itu RSS =)

  10. cahyaiman mengatakan:

    Terimakasih post nya… sangat bermanfaat…. akan kami pelajari lebih jau…

  11. saidiblogger mengatakan:

    makasih udah nambah pengetahuan saya…

    ohya,, udah saya link tuh blognya.. link back ya.. terimakasih..

  12. jush6 mengatakan:

    halo bos..
    blogwalkinh nih..
    mau naya link saya kok gag ada yha?

  13. Fauzie mengatakan:

    Gan, you are good mentor for me…!

  14. solihin mengatakan:

    numpang belajar ya sob…

  15. Treante mengatakan:

    yang penting bagi saia bisa ngblog dan ngehasilin duit :p

    btw, link sobat telah terpasang manis di halaman tukeran link saia🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s