adab tidur seorang muslim

Posted: Oktober 6, 2013 in catatan agama
Tag:, , ,

mau tidur, baca ini dulu 63

adab tidur seorang muslim photo tidursehatmenurutsunnah_zpsb718126f.jpg

subhanallah ternyata islam itu indah ya, semua ada petunjuk dan contohnya. sampai tidur juga ada caranya lho*ga sembarangan tengkurep (baca: berbaring). ini saya nemu pas lagi gugling dan insya Allah bermanfaat *sebenarnya buat arsip saya juga , klo lupa tinggal buka blog gitu6 , ok, langsung aja ya, Adab islami sebelum tidur yang seharusnya ga boleh ditinggalin seorang muslim/muslimah 9

Pertama: Tidurlah dalam keadaan berwudhu

dasarnya dari hadits Al Baro ’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu”

(HR. Bukhari nο. 247 dan Muslim nο. 2710)

Kedua: berbaring pada sisi kanan

221 *upsss…contoh di samping ini adalah contoh yang salah ya 115

dasarnya sama seperti hadits di atas. kata Ibnul Qayyim  tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam biar seseorang ga suliat buat bangun shalat malam. Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (tapi bikin orang tambah malas buat bangun malam)”

(Zaadul Ma’ad, 1/321-322)

Ketiga: niup kedua telapak tangan sambil baca surat Al Ikhlas, surat Al Falaq, dan surat An Naas

tiga surat itu di baca masing-masing sekali terus usapkan kedua telapak tangan ke wajah dan bagian tubuh yang bisa dijangkau. ulangi sebanyak tiga kali. ini yang dicontohkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti dikatakan oleh istrinya ‘Aisyah. Dari ‘Aisyah, beliau radhiyallahu ‘anha berkata yang artinya:

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali. ”

(HR. Bukhari nο. 5017)

baca Al Qur’аn sebelum tidur bisa bikin hati tenang dari pada dengerin musik ga jelas 95*tuh kan ga jelas 6

Keempat: baca ayat kursi sebelum tidur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata yang artinya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, “Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam“. Lalu Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menceritakan suatu hadits berkenaan masalah ini. Selanjutnya orang yang datang kepadanya tadi berkata, “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi“. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan“

(HR. Bukhari nο. 3275)

Kelima: pastinya jangan lupa baca ԁο’a sebelum tidur

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup). ’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).”

(HR. Bukhari nο. 6324)

 Keenam: Sebisa mungkin jangan begadang klo ga penting-penting banget

Diriwayatkan dari Abi Barzah, beliau berkata yang artinya

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.”

(HR. Bukhari nο. 568)

why 5

Ibnu Baththol menjelaskan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ga suka begadang setelah shalat ‘Isya karena beliau pingin banget bisa shalat malam dan khawatir jika sampai kelewat dari shalat shubuh berjama’ah. ‘Umar bin Al Khottob sampai-sampai pernah memukul orang yang begadang setelah shalat Isya, beliau mengatakan, “Apakah kalian sekarang begadang di awal malam, nanti di akhir malam tertidur lelap?!”

(Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 3/278, Asy Syamilah)

daaan masih banyak lagi beberapa dzikir sebelum tidur yang ga sempet saya tulis di sini. ya sementara ini dulu, di praktek’in, ntar klo dah istiqomah  baru di tambah lagi ya insya Allah

Salam Persahabatan ,-

~Semoga Bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga, muslim.od.id , serta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.

Komentar
  1. Istanamurah mengatakan:

    mohon untuk mencobanya dirumah nanti kalo mau tidur..

  2. Miftahgeek mengatakan:

    Beuh, tidur yang keliatannya cuma tinggal ‘mati’ aja sampe ada adab nya gini ternyata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s