tips mengelola keuangan pribadi

Posted: Januari 10, 2013 in catatan wirausaha, catatanku..
Tag:, , , ,

setelah sekian lama ga nulis akhirnya nongol lagi nih  

 photo kids-money_zps35642d21.jpg

waduhhh dah lama banget nih saya ninggalin rumah maya ini. klo ga salah  saya terakhir nulis itu sekitar agustus 2011 ya ” udah setahun lebih ternyata trizzz tidurnya , bangunnnn :)”. kenapa sih kok lama banget ninggalinnya?? saya mulai menghilang dari perblogan setelah saya lulus kuliah, terus mulai nulis tulisan ini pas saya “alhamdulillah” dah dapat kerja. kok lama bgt setahun lebih cari kerjanya, kenapa?? klo ini biar saya dan yang di atas saja yang tahu ya,hehe…yang penting sekarang dah mulai nulis lagi, maapin ya klo ada yang unjung-unjung trus komen kok lama bgt responnya *anggap aja si empunya blog lagi tidur🙂.

ok, untuk tulisan pertama setelah vacum  saya coba nulis yang ringan-ringan dulu aja ya *yang berat berapa kilo triiz * mudah- mudahan masih inget tombol enternya🙂

Sahabat, pernah ga punya angan-angan saya pingin beli mobil, rumah, sepeda motor, kulkas, pesawat terbang teruss apa lagi yah….duhhhh banyak banget nihh tapi pinginn…. Klo dah ngidam gitu biasannya kita pasti prepare nyiapin dana buat beli. Klo sahabat yg uangnya masih di kasih ortu ga perlu pusing-pusing soalnya gak perlu tuh mikirin ntar di potong uang makan lha , uang kos lha, transportasi, bla…bla…bla…. But, untuk sahabat yang udah kerja, punya penghasilan sendiri “ga numpang lagi sama ortu seperti diriku sekarang ini,hehehe…”, musti pinter-pinter bikin anggaran keuangan biar bisa nabung. Yuk sama-sama belajar cara bikin anggaran keuangan biar kita bisa ngesave uang trus bisa beli semua yang di atas itu deh *saya juga lagi eksperimen nih, mudah2an bermanfaat ya tipsnya 

    1. Tips pertama. Kumpulin semua informasi keuangan. Maksudnya semua informasi pemasukan dan pengeluaran sahabat. Ini bisa ngebantu bikin anggaran jadi lebih gampang “biar gk ada duit tak betuah🙂.
    2. Tips kedua. Setelah terkumpul semua terus “Catat” semua sumber pendapatan dan pengeluaran sahabat. Contoh pendapatan bisa dari gaji bulanan sbagai karyawan atau kalau punya usaha sampingan apapun yang menghasilkan rupiah itu juga bisa. Pokoknya yang bikin dompet sahabat makin tebel ya itu yang namanya sumber pendapatan. Kalau sumber pengeluaran ya yang bikin dompet sahabat kempes (tagihan listrik, uang saku anak, kebutuhan rumah tangga, sabun,odol,de el el),okok…
    1. Tips ketiga. Klo udah di bagi mana sumber pendapatan mana pengeluaran baru deh di kita atur pengeluaran. Caranya bagi sumber pengeluaran jadi dua (pengeluaran pasti dan pengeluaran ga pasti). Ni buat ngasih prioritas aja mana yang harus di dulu’in . jangan sampe beli es cream di dulu’in  trus ga bisa bayar kos gara-gara duitnya buat beli es barusan🙂.  OK, next… Pengeluaran pasti apa’an sih? Ni biasanya berhubugan dengan pengeluaran rutin bulanan yg wajib hukumnya di keluarkan (ex: uang kos, tagihan listrik, internet, de el el…). Klo pengeluaran ga pasti tu pengeluaran yang ga wajib di keluarkan artinya kita bisa akali pengeluaran ini seminimal mungkin. Ibarat sepeda, pengeluaran ga pasti itu tempat kita modifikasi. Kita bikin sebagus mungkin dengan biaya seminim mungkin. Selamat mencoba

Photobucket
Salam Persahabatan ,-

~Semoga Bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga, serta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.

Komentar
  1. anisashaf mengatakan:

    Aw, this was a very nice writeup. In theory I’d want to create similar to this additionally – taking time and true effort to build a great short posting… however what could I say… I procrastinate alot and never seem to obtain a thing done produsen jaket kulit di bandung

  2. kredit tanpa agunan mengatakan:

    saya sependapat dengan ide mengelola keuangannya, terutama mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kita. salam kenal
    -dhani-

  3. pinjaman tanpa agunan mengatakan:

    tipsnya sederhana tapi bener-bener ampuh untuk mengelola keuangan

  4. dwi putri muliati mengatakan:

    tks yahhh….share nya manfaat bgt bwt aq…

  5. pulsa mengatakan:

    bagus tipsnya, trims..

  6. mas-dik mengatakan:

    cukup membantu tips2nya gan ..semoga dari catatan sederhana/ bisa menjadi catatan yg luar biasa…tengqyu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s