pentingnya keseimbangan otak

Posted: Juni 29, 2011 in catatan kesehatan, catatan pendidikan
Tag:, , ,

sudakah kita menyeimbangkan otak kita

Photobucketotak, bagian terpenting dari seluruh anggota tubuh ini ternyata banyak dari kita yang kurang memperhatikan. di sadari/ tidak cuma sedikit lho dari kita yang bisa mengoptimalkan fungsi dari otak ini. padahal klo kita bisa sedikit aja ngoptimalin kerja dari otak ini mungkin kita bisa jadi sejenius para ilmuan terdahulu.

sahabat, bukannya saya sok jadi dokter tapi setahu saya otak manusia umumnya terbagi menjadi dua bagian yaitu otak bagian kiri dan kanan. dan percaya atau tidak, kita bisa lho nebak orang ini cenderung lebih sering pakai otak kiri atau kanannya hanya dengan ngelihat dari kepribadiannya

coba perhati’in jika teman sahabat memiliki kepribadian yang humoris, simple, menyenangkan, lebih percaya intuisi, berantakan/kacau/acak-acakan, ekspresif, suka bertualang, punya impian besar/imajinasi tingkat tinggi,“pelanggar aturan”, bebas, spontan maka dia cenderung lebih banyak menggunakan otak kanan dari pada otak kirinya. sebaliknya klo ada teman yang punya kepribadian yang sagat serius, rumit, lebih percaya fakta, rapi, terorganisir, profitabilitas, lebih memilih keilmuan, sangat hati-hati, suka keteraturan, konservatif, maka dia cenderung lebih banyak menggunakan otak kirinya daripada otak kanannya.

tapi sayangnya sejak kita duduk di bangku sekolah, SD, SMP, SMA, bahkan sampai bangku kuliah kita telah di biasakan bahkan di tuntut untuk selalu menggunakan otak kiri kita dengan sedikit sekali menggunakan fungsi dari otak kanan. coba sahabat perhati’in mulai dari pelajaran matematika, kimia, fisika, biologi de el el kebanyakan semua menuntut kita menggunakan logika dalam memecahkan suatu masalah dan cara belajar yang runtut ” pokoknya otak kiri banget”. jarang sekali ada pelajaran yang menuntut kita menggunakan otak kanan “kecuali mungkin pelajaran kesenian” padahal otak kanan kita punya potensi yang ga kalah hebat di banding otak kiri.

sahabat, apa kalian tahu bagaimana awalnya si jenius albert einstein menemukan teori relativitas. menurut kalian mana dulu yang einstein gunakan. otak kanan ataukah otak kiri? terus bagaimana juga Archimides bisa mengungkapkan teori tentang massa jenis. mana dulu yang digunakan Archimides otak kanan ataukah otak kirinya? atau mungkin kalian tahu bagainmana Newton mengungkap tentang gravitasi? Mana dulu yang Newton gunakan. otak kanan atau kiri’kah

inilah buah dari intuisi, kreatifitas, imajinasi yang di hasilkan oleh otak kanan kita. otak kanan yang sering di pandang sebelah mata bahkan ga jarang guru akan marah-marah bahkan mengganggap dia gila dan idiot ketika mencoba memecahkan masalah dengan otak kanannya seperti yang di alami oleh albert einstein. sering kan kita menemui guru yang seperti itu, yang memarahi muridnya ketika si murid mulai berulah. apakah ia benar-benar nakal ataukah si guru yang tidak sadar akan kecerdasan otak kanan yang di miliki si murid

sebagai penutup saya ada sebuah cerita unik dimana suatu hari ada seorang guru. anggap aja si guru sedang mengajar di ruang kelas 3 SD. karena lagi banyak pikiran akhirnya pikiran ini terbawa sampai ruang kelas sehingga si guru merasa ogah dan malas untuk ngajar apa lagi waktu itu pelajaran yang di ajarkan adalah matematka. tanpa ambil pusing si guru memberikan langsung memberikan soal sulit dengan maksud untuk menyibukkan muridnya sampai jam pelajaran matematika berakhir.

guru: anak-anak, karena sekarang pelajaran berhitung coba kalian kerjakan soal berikut..

1+2+3+4+5+6+7+……..+2000=….??

dengan memberi soal seperti ini untuk ukuran anak kelas 3 SD guru itu beranggapan bahwa sampai jam pelajaran berakhir pasti ga akan ada satupun murid yang bisa nyelesaikan soal ini. tiba-tiba baru duduk sejenak “kurang lebih 1 menit” ada seorang murid yang maju dan mengumpulkan soal yang di berinya tadi seraya berucap “bu, saya sudah selesai”. kemudian guru tersebut kaget, ”Mana mungkin,” pikirnya. tapi toh kenyataannya murid tersebut memang bisa, dan benar. Ia mengatakan jawaban dari soal itu adalah 2.001.000.

pertanyaan guru dan kalian semua mungkin akan sama. “kok bisa ya

jika kalian melihat soal ini dari sisi otak kiri yang sistematis, runrut dan menuntut logika mungkin kalian akan merasa kesulitan membayangkan menghitung bahkan dengan kalkulator mulai dari 1 sampai 2000. tapi jika kalian melihat soal ini dari sisi otak kanan seperti yang di lakukan anak SD ini mungkin kurang dari 1 menit bahkan kita sudah bisa menyelesaikan soal ini. coba perhatikan anak ini menyelesaikan soalnya..

Pertama, tuliskan kembali soal berhitung di atas seperti ini..

1+2+3+4+…. ….+1997+1998+1999+2000 = ….. ?

klo kita gunakan otak kiri pasti sulit tapi klo kita menggunakan otak kanan yang cenderung acak  maka akan di peroleh:

1 + 2000 = 2001

2 + 1999 = 2001

3 + 1998 = 2001

4 + 1997 = 2001 dan seterusnya “jangan di terusin, puanjangg”

dari sampel ini kita bisa melihat bahwa angka 1 semakin ke bawah semakin besar sedangkan angka 2000 semakin kecil dan akan berakhir pada pertengahan dari angka 2000 yaitu 1000 yang artinya ada 1000 penjumlahan yang hasilnya 2001 “tul gak”. jadi ya tinggal di kalikan aja sehingga kita peroleh jawaban 2001 x 1000 = 2.001.000.

ini hanyalah sedikit aplikasi yang bisa kita gunakan dalam menyelesaikan masalah dengan otak kanan kita. coba sahabat bayangin sendiri gimana jadinya klo kita bisa menyeimbangkan antara otak kanan dan kiri ini.

*maaf ya buat sahabat yang sering main kesini tapi saya belum sempat kunjungi balik. dari seminggu yang lalu kuota saya sudah habis jadi koneksi juga lagi seret *jalan sambil terseok-seok*. insya Allah klo koneksi sudah kembali normal baru saya bisa unjung-unjung lagi

Photobucket
Salam Persahabatan ,-

~Semoga Bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga, serta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.

Artikel terkait:

Komentar
  1. Aneh Dan Unik mengatakan:

    jujur saya masih bingung apakah saya cederung otak kiri atau otak kanan.
    karena ada beberapa hal saya cenderung otak kiri dan ada beberapa hal saya cenderung otak kanan.
    Tapi saya akan mencoba untuk menyeimbangkan keduanya.
    terimakasih infonya.

  2. ayuanindita mengatakan:

    Really great browse, optimistic web site, where by u develop the actual details in todays post? I ‘ve browse the majority of the articles or blog posts with your web site presently, and I very such as your vogue. Thanks a million and please constantly function efficiently. jual jaket kulit original garut

  3. koko setiawan mengatakan:

    sangat menarik good jobs………………

  4. rifs mengatakan:

    nice

  5. rifs mengatakan:

    nice..

  6. dunia tambang mengatakan:

    jujur saya masih bingung apakah saya cederung otak kiri atau otak kanan.
    karena ada beberapa hal saya cenderung otak kiri dan ada beberapa hal saya cenderung otak kanan.
    Tapi saya akan mencoba untuk menyeimbangkan keduanya.
    terimakasih infonya.

  7. dunia tambang mengatakan:

    dari artikel diatas saya masih belum bisa saya cenderung otak kiri atau otak kanan. Ada beberapa hal saya ada di otak kiri dan beberapa hal saya di otak kanan.
    tapi saya mencoba untuk menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan saya.
    terimakasih atas infonya.

  8. akatsuci mengatakan:

    sulit untuk menyeimbangkannya, biasanya cenderung ke otak kiri

  9. kasihimam mengatakan:

    thanks boz,,,,
    back postx n udah sya cantumkan sumber ente,heheeee

  10. best vacation spot mengatakan:

    hebat juga trik hitung2 annya..
    memang yg perlu dicari adalah keseimbangan otak kanan dan otak kiri..
    antara logika dan imaginasi hrs sama2 bgs

  11. giewahyudi mengatakan:

    Aduh malah makin pusing saya jadinya, huhuhu

  12. Blog KMP mengatakan:

    emang kurang nih ‘optimasi’ otak kanannya😀

  13. ageng mengatakan:

    saya setuju! Kebanyakan pelajaran disekolah hanya menuntut otak kiri.
    Mungkin karena itu ya, saya sering merasa jenuh…..

  14. ageng mengatakan:

    saya setuju! Kebanyakan pelajaran disekolah hanya menuntut otak kiri.
    Mungkin karena itu ya, saya sering merasa jenuh……untut otak kiri.
    Mungkin karena itu ya, saya sering merasa jenuh……

  15. tunsa mengatakan:

    kirain siapa..ternyata gravatarnya yg berubah, hehe..
    smoga koneksi segera cepat mas..amiin

  16. Ifan Jayadi mengatakan:

    Wah, saya baru tahu lho ternyata otak kanan jarang kita gunakan dan cenderungnya kita menggunakan otak kiri. Padahal ternyata otak kanan mengandung banyak kegunaan yang selama tidak pernah aku sadari lho. Trims ya atas penjelasannya

  17. nurrahman18 mengatakan:

    sejujurnya saya masih banyak mengguynakan otak kiri,walopun terbatas kemampuannya. yg perlu dilatih adalah kemmpuan emosiaonal yg berkaitan dgn otak kanan

  18. Marchei Riendra mengatakan:

    Sama nih, quota saya juga mulai seret. hehehe #curhat

    kalo cenderung otak kanan orangnya lebih berdasar fantasi, perasaan dan spontan, kalo cenderung otak kiri lebih teratur, stabil dan banyak pake logika.

    kalo dari ciri itu, kayanya saya cenderung otak kanan. Soalnya acak2an dan spontan banget. hehehe

  19. Asop mengatakan:

    Kalo melihat dari sifat2nya, kok sifat saya campuran ya?😕

  20. dhila13 mengatakan:

    cara menyeimbangkannya pake timbangan bisa ga mas?😀

  21. Sya mengatakan:

    Di sekolah murid sering dituntut untuk menjawab soal dengan metode yang diajarkan guru. Jika jawaban benar tapi metodenya berbeda, banyak guru yang tidak bisa menerima. Kalau terus begitu, kapan kita akan kreatif?

  22. Mabruri Sirampog mengatakan:

    nyimak dulu mas,,
    karena saya juga nda ngerti ttg otak kanan dan otak kiri.. hihihi

  23. baha andes mengatakan:

    ogut ga tau, yang dominan kotak kanan atau kiri atau palah bisa menyeimbangkan antar otak kiri dan kanan seperti harapan ente.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s