waktu pagi yang istimewa

Posted: Agustus 26, 2010 in catatan agama
Tag:, , , , , , , ,

akankah kita melewatkan waktu pagi yang sangat istimewa ini hanya dengan tidur nyaman di kasur??

Masih ngantuk!!…Baby Soldier emoticon inilah alasan klasik yang di ucapkan kebanyakan orang setelah menunaikan sholat subuh di pagi buta apa lagi pada bulan ramadhan seperti sekarang ini.  tujuannya apa lagi kl bukan ingin kembali ke peristirahatan terakhir kasur impian yang empuk nan nyaman untuk melanjutkan mimpi yang sempat tertunda oleh makan sahur tadiBaby Soldier emoticon.

sahabat, waktu pagi sangat identik dengan harapan, kesegaran, dan semangat baru. islam sendiri pun sangat menjaga waktu istimewa di pagi hari ini. coba sahabat bayangkan di saat semua orang sedang enak-enaknya tertidur nyenyak kita umat islam di sibukkan dengan sholat subuh di pagi buta untuk menyambut aktifitas pagi kita. sebenarnya banyak sekali lho manfaat yang kita dapatkan dari bangun pagi hari dan beraktifitas di pagi hari ini. agar sahabat lebih semangat bangun pagi mari kita intip yuk sebagian kecil dari segudang manfaat bangun di pagi hari.

  • dari segi kesehatan:

menurut penelitian Dr. Alexander Bruce dari Jerman yang dimuat di majalah Al-Muslimun menghasilkan sebuah temuan jika ternyata di waktu Shubuh, kadar gas ozon yang mengandung oksigen mencapai puncaknya dan akan menipis perlahan-lahan hingga matahari terbit. terus apa ya gunanya gas ozon ituYellow Head Funny Smiley gas ozon ini sangat ampuh untuk mencegah kerusakan paru-paru, tersumbatnya urat nadi, memperlancar peredaran darah, penyakit gula, asma, penuaan, alergi, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik. jadi akan sangat rugi sekali jika sahabat yang selama bulan ramadhan ini sudah bisa bangun pagi, sholat subuh di masjid terus kembali lagi melanjutkan mimpi hanya gara-gara ngantuk karena nggak biasa bangun pagi.

sedangkan menurut  Dr. Muslim Nathin, yang juga pakar kesehatan memberikan penjelasan yang nggak jauh beda tentang manfaat pagi bagi kesehatan. katanya  “dengan kita bangun pagi maka tekanan darah yang terjadi saat tidur bisa cepat kembali normal karena gerak tubuh  baik itu dengan sholat subuh/ olah raga pagi/aktifitas apapun yang di lakukan di pagi hari. bangun pagi juga dapat mengurangi kecenderungan terserang panyakit kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh darah. wahh….masih ada lagi, selain itu karena udaranya yang masih jernih  maka kualitas oksigen pun masih sangat terjaga sehingga dapat meningkatkan sistem sirkulasi darah yang jauh lebih baik untuk mensuplai oksigen ke otak. itulah kenapa banyak orang yang bilang kl belajar di pagi hari lebih banyak nyambungnya dari pada siang atau malam hari. Bahkan akhir-akhir ini ada Ilmuwan dari Jerman, Dr Alexander Browis yang menjadikannya bangun dan beraktifitas di pagi hari sebagai terapi terbaru untuk menguatkan daya tahan butuh para pasien penderita AIDS.

  • dari segi Sosiologi:

dengan bangun pagi dan melakukan aktifitas di pagi hari akan menjalin keakraban dengan tetangga yang sama-sama punya kebiasaan bangun pagi. kita bisa saling sapa-sapa’an ketika sedang berolahraga  misalnya atau ketika sholat subuh berjamaah di mesjid yang tentunya ini baik untuk kehidupan bertetangga dan bermasyarakat.

  • dari segi agama islam:

islam sendiri melalui tauladan kita nabi besar Muhammad SAW juga mencontohkan bagi umatnya agar nggak tidur selepas sholat subuh. beliau mencontohkan agar kita menghabiskan waktu pagi kita dengan  tilawatul qur’an satu juz dalam satu hari,berdzikir ataupun menghapal seperti yang di riwayatkan dalam hadits berikut

“Peliharalah waktu itu dengan mengisinya melalui tilawatul Qur’an satu juz dalam satu hari, berdzikir atau menghapal. Inilah yang dilakukan Rasulullah SAW selesai menunaikan shalat subuh, bahwa ia duduk di tempat shalatnya hingga terbit matahari”

(HR. Muslim)

bukan tanpa sebab, karena di waktu pagi banyak sekali keutamaan yang akan kita peroleh. seperti misalnya jika kita duduk berdzikir selepas sholat subuh sampai terbitnya matahari maka kita akan mendapatkan pahala haji dan umrah seperti sabda rasulullah SAW

Dari Abu Umamah Ra dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang sholat subuh berjamaan kemudian duduk berzikir kepada Allah sampai terbitnya matahari, kemudian berdiri sholat dua rakaat, maka ia memperoleh pahala haji dan umrah.”

kemudian juga di antara keutamaan pagi hari adalah seperti yang diriwayatkan Aisyah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Bersegeralah dalam mencari rezeki dan kebutuhan (hajat) karena dalam kesegeraan (pergi pagi) itu terdapat keberkahan dan kesuksesan.”

(HR. Thabrani)

bahkan rasulullah juga mengatakan bahwa jika kita biasa tidur selepas subuh maka kita akan mewarisi kesulitan dan kesusahan dalam hidup seperti sabda beliau berikut ini:

“Tidur selepas subuh itu akan mewarisi kepapaan”

(kepapaan : puncak segala macam kesulitan dan kesusahan)

sahabat,  rosulullah mendoakan agar kita umat islam selelu mendapat keberkahan di pagi hari. seperti doa beliau yang di riwayatkan dalam sebuah hadits berikut

Nabi shollallahu ’alaih wa sallam berdoa: “Ya Allah, berkahilah ummatku di pagi hari.” Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam biasa mengirim sariyyah atau pasukan perang di awal pagi dan Sakhru merupakan seorang pedagang, ia biasa mengantar kafilah dagangnya di awal pagi sehingga ia sejahtera dan hartanya bertambah.”

(HR Abu Dawud 2239)

karena itu sahabat janganlah kita kecewakan Nabi kita. mari kita menjadi bagian dari umat islam yang di doakan nabi SAW agar memperoleh keberkah Allah di pagi hari.

Ya Allah, berkahilah kami di pagi hari selalu.

Ya Allah, kami berlindung kepada Engkau dari kemalasan dan ketidakberdayaan dalam hidup kami, terutama di waktu pagi hari.

Salam Persahabatan ,-

~Semoga Bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga ,komdara, idiluam, asrivanet, eramuslim, rumayshoserta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.


Artikel lain:

artikel wordpress:

Tips memasang banner di blog

Trik memasang kode di postingan dengan benar agar bisa di copy paste pengunjung dengan baik

Cara memasang google translate di blog

kode gambar google translate

Cara memasang widget di sidebar

Cara memasang yahoo massanger di blog

Membuat latar belakang berwarna

artikel SEO:

artikel photography:

Situs gambar dan foto berkualitas tinggi

artikel kehidupan:

Kesederhanaan hidup seorang pembesar

Hanya segelas es teh

Indahnya kata maaf…

Kenyataan Tragis Di Balik Kemeriahan World Cup 2010

kisah di masjid ampel

artikel agama:

kisah budak wanita salafussalih

bank ajaib

artikel umum:

Perpeloncoan “Antara pendewasaan ataukah kebiasaan buruk”??

Sisi Lain World Cup 2010
 Afrika Selatan

Cara mendapatkan antivirus kaspersky gratis dan legal

memasang gambar animasi upin dan ipin di blog

Komentar
  1. kangmas ian mengatakan:

    hehe jadi malu..sering tidur abis subuh wkwkw
    makasih mas ^^

  2. Red mengatakan:

    mau nambahin yah,
    dari sisi yoga: bangun pagi dapat meningkatkan rejeki, kebahagiaan dan keberuntungan. ini yg diyakini oleh para yogi2 tradisional🙂

  3. indahnyahidupku mengatakan:

    semangat!!!!
    habis sahur…..subuh…..ngaji…. ^_^….
    nah….

    kalo udah ngaji ampe matahari terbit… tidur lagi gpp yah mas?:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s