waspadai kebiasaan duduk berlama-lama di depan komputer

Posted: Mei 8, 2011 in catatan kesehatan, catatan komputer & internet, Uncategorized

ada apa dengan kebiasaan duduk berlama-lama di depan komputer

Sahabat, ketika kita sudah berada di depan PC pasti banyak di antara kita yang lupa sudah berapa lama kita ngelihatin layar PC kita. lupa waktu, mungkin inilah yang terjadi ketika kita sudah asyik berada di depan layar monitor. Di tambah lagi perkembangan teknologi yang semakin pesat khususnya jejaring sosial  mulai dari frienster “jaman dahulu kala” , facebook yang sempat jadi fenomenal sampai ke twitter yang lagi booming-boomingnya sekarang ini. tapi apa sahabat pernah merasakan dampak dari terlalu lamanya kita bercengkrama dengan komputer kita

untuk sahabat yang kesehariannya selalu berkutak dengan layar monitor baik itu kerjaan di kantor, praktisi komputer, gamers ataupun blogger mungkin dari sekarang harus mulai waspada tehadap efek negatif yang di timbulkan dari kebiasan kita duduk berlama-lama di depan layar monitor.berikut ada beberapa dampak yang mungkin secara ga sadar sudah sahabat rasakan beserta sedikit tips yang mudah-mudahan bisa membantu

1. pembekuan pembuluh vena dalam (Deep Vein Thrombosis/DVT) . menurut Professor Richard Beasley dari Wellington Hospital di Selandia Baru seperti dilansir The Sun , menyatakan bahwa ancaman bahaya akan menghampiri sahabat bila bekerja delapan jam tiap hari dengan hanya berkutat di sekitar meja. Kasus DVT biasanya sering dikaitkan dengan penerbangan jarak jauh yang memerlukan waktu berjam-jam. DVT adalah pembekuan darah yang  terjadi pada pembuluh vena dan biasanya terjadi pada bagian betis. Jika pembekuan ini tidak dicairkan dengan obat pengencer darah, biasanya akan pecah dan terbawa ke paru-paru dan berujung pada emboli paru-paru yang mematikan

tpis : bagi sahabat yang bekerja sebagai pekerja kantoran di anjurkan rutin melakukan peregangan otot untuk mempertahankan kelancaran aliran darah. Maksimal tiap empat jam sahabat harus berdiri dan sedikit melakukan kegiatan fisik agar tidak terjadi pembekuan dan melancarkan kembali peredaran darah. Sebuah riset di Italia juga mengindikasikan peregangan dan relaksasi menurunkan kasus sakit kepala para karyawan hingga 40 persen.

2. Computer Vision Syndrome (CVS) . Menurut Dr Rini, penggunaan komputer dan gadget yang terlalu lama dapat menyebabkan keluhan mata dan penglihatan . Gejala  dari CVS ini adalah Mata merah, pedih dan berair, Mata kering, Mata terasa lelah, Kelopak mata atau dahi terasa berat, Sakit kepala atau migrain “sakit kepala sebelah  ” dan rasa sakit pada bahu. ini biasanya terjadi karena sistem pencahayaan yang salah, kurang berkedip dan juga posisi duduk yang kurang benar.

tips : nah, bu Dr Rini juga tidak lupa memberikan tips agar mata kita ga cepat lelah saat bekerja di depan komputer  yaitu di antaranya kita harus meluangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk beristirahat dan melihat objek yang jauh kurang lebih selama 10 detik untuk tiap 15-30 menit, Stretching atau melakukan latihan mata “maksudnya olah raga mata seperti mata di gerakkan ke atas, bawah, kiri, kanan, dan di puter-puter “, Atur pencahayaan dari komputer, Istirahatkan mata selama 1 jam, Atur posisi duduk (90 derajat), posisi keyboard (100 derajat) dari siku, Jarak layar komputer sekitar 50-75 cm dari mata.

3. bagi para wanita yang ga ingin kecantikannya pudar mungkin dari sekarang  harus mulai di perhatikan karena Menurut seorang ahli bedah kosmetik asal Inggris Dr Michael Prager, salah satu dampak terlalu lama di depan laptop adalah timbulnya keriput . jadi saat sedang tegang dan serius di depan komputer, umumnya wanita akan mengernyitkan “haduh bahasa apa ini mengernyitkan dahinya tanpa mereka sadari. Jika berlangsung berjam-jam dan rutin setiap hari, otomatis  akan mempercepat pembentukan keriput. Garis-garis wajah itu lama-lama akan terbentuk di dahi maupun bagian kulit wajah lainnya. selain itu, wanita rentan mengalami gejala leher kalkun . gejala leher kalkun adalah gajala menggelambirnya kulit yang berada di bagian leher. gejala ini disebabkan oleh posisi duduk yang jarang berubah dalam jangka waktu yang sangat panjang. Akibatnya otot leher memendek dan kulitnya turun lalu membentuk semacam gelambir gitu.

tips : untuk mengurangi dampak keriput bagi wanita, sahabat dapat meletakkan cermin di samping monitor. agak iseng sih tapi ini efektif lho buat mbak-mbak soalnya bisa tahu ketika dahinya mulai mengernyit jadi segera berusaha untuk rileks seperti istirahat sejenak dan berjalan-jalan di tengah aktifitas kerja atau Bisa juga dengan melakukan senam wajah untuk rileksasi

Sahabat, saya hanya mengambil beberapa contoh saja yang umumnya sering kita alami. ada banyak sekali dampak yang mungkin ga akan selesai-selesai jika saya tulis semua di sini  tapi beberapa contoh di atas mudah-mudahan sudah bisa mewakili semuanya. Memang  kalau di pikir-pikir tipsnya sangat banyak harus ini,itu,itu,ini dan kayaknya bakal ribet banget kl kita lakukan semuanya. saya jadi teringat sebuah ayat yang artinya

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan . Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

(QS. al-A’raf 6: 31)

duduk terlalu lama di depan layar sehingga memaksakan mata kita untuk bekerja keras, memaksakan punggung kita hingga pegal,dll semua adalah bentuk dari aktifitas yang berlebih-lebihan. terlepas dari itu semua ntah itu tuntutan pekerjaan,hobi,dll  pasti kita semua sepakat bahwa segala hal yang berlebih-lebihan adalah tidak baik seperti yang di jelaskan pada ayat di atas.

Salam Persahabatan ,-

~Semoga Bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga, irinealful , syalifa , serta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.

Artikel lain:

artikel wordpress:

aplikasi ngeblog untuk HP “serunya ngeblog via HP”

Tips memasang banner di blog

Trik memasang kode di postingan dengan benar agar bisa di copy paste pengunjung dengan baik

Cara memasang google translate di blog

kode gambar google translate

Cara memasang widget di sidebar

Cara memasang yahoo massanger di blog

Membuat latar belakang berwarna

artikel SEO:

artikel photography:

Situs gambar dan foto berkualitas tinggi

artikel kehidupan:

Kesederhanaan hidup seorang pembesar

Hanya segelas es teh

Indahnya kata maaf…

Kenyataan Tragis Di Balik Kemeriahan World Cup 2010

kisah di masjid ampel

artikel agama:

sang putra ka’bah

indahnya mudik dan lebaran

saat 10 hari terakhir ramadhan

tips agar semangat bangun pagi

Nuzulul Qur’an ala Rasulullah

waktu pagi yang istimewa

tips agar semangat bangun pagi

kisah budak wanita salafussalih

bank ajaib

artikel kuliah (teknik mesin):

sistem bahan bakar

My first book…

artikel umum:

aplikasi ngeblog untuk HP “serunya ngeblog via HP”

waktu terbaik menuangkan ide ke blog

pray for indonesia…

sepatu oh sepatu, riwayatmu kini..

Perpeloncoan “Antara pendewasaan ataukah kebiasaan buruk”??

<a title="Sisi Lain World Cup 2010
Afrika Selatan”>
Afrika Selatan” href=”../2010/07/02/sisi-lain-world-cup-2010%e2%80%a9-afrika-selatan/”>Sisi Lain World Cup 2010
Afrika Selatan

Cara mendapatkan antivirus kaspersky gratis dan legal

memasang gambar animasi upin dan ipin di blog

Komentar
  1. cimou shop online mengatakan:

    trimakasih infonya gan nitip link http://www.gabugi.com/

  2. mepo mengatakan:

    iya juga sih, tapi emang suka ga kerasa kalo udah di depan komputer mah.

    Pintu dan Jendela

  3. Wahyu mengatakan:

    wahhhh…pantesan sering pusing, ngeri juga nih……. tq ya

  4. herlan mengatakan:

    makasih atas informasinya, saya sering duduk berlama-lama di depan komputer juga nih. Mohon izin kutip artikelnya yah, sebagai bahan catatan komputer saya. Terima kasih.

  5. Li mengatakan:

    yup, hak mata seringkali terlupakan🙂

  6. kang ian dot com mengatakan:

    alamaak banyak juga efeknya hehehe saya termasuk orang yang sering berlama-lama di depan komputer ni..makasih atas infonya.. baru eksis lg ya ^^

  7. 'Ne mengatakan:

    wah ngeri juga yaa.. iya deh rutin istirahatnya aja.. soalnya kerjaan di depan PC terus, kalo pulang ke rumah gantian di depan laptop haduuhh serem kalo kayak gitu..

  8. Fadhly Mhd mengatakan:

    Saya jga g tahan mas brlama2 duduk di depan komputer, bdan terasa kaku d buatnya…😀

  9. amirul mengatakan:

    kadang bisa bikin punggung pegel-pegel kalo terlalu lama duduk

  10. archer mengatakan:

    mulai sekarang saya gak bakal lama2 lagi di depan komputer, ngeri hehe

  11. sedjatee mengatakan:

    yang pertama tuh mengerikan sekali
    semoga kita baik-baik selalu…

    sedj

  12. agoenk70 mengatakan:

    waaaaaahhh ada efek sampingnya yah termyata hohoho…
    saya di depan laptop bisa hampir 20 jam setiap hari ckckckckck….
    dari di kantor dateng ke rumah ngeblog hahaha

  13. Mabruri Sirampog mengatakan:

    waduuuhh….
    apalagi kalau saya sudah di depan kompi bisa mpe berjam-jam..
    hmm,,, harus lebih diperhatiin lagi ni….
    makasih mas…

    salaam

  14. eDdY s mengatakan:

    JIah,,,kalau gitu kebiasaan ini harus saya perhatikan,,karena selama ini saya duduknya asal-asalan saja,,,,mendengar Akibatnya say jadi Ngery,,,Terima kasih Informasinya ?

  15. iam mengatakan:

    Aduuh serem2 banget akibat dari berlama-lama di depan komputer. Mana saya bisa 3 jam didepan kompi >.<

  16. tunsa mengatakan:

    wkwkwkwk…aku gak komen apa2, cuma pengen ketawa liat gambarnya,….

  17. Ifan Jayadi mengatakan:

    Wah, saya juga terbiasa berlama-lama didepan PC. Dengan membaca tulisan diatas saya jadi tahu bahaya yang ditimbulkan. Tinggal kesadaran saya saja sekarang untuk lebih berhati-hati dan mengurangi kegiatan didepan komputer. Trims ya infonya🙂

  18. Adi Nugroho mengatakan:

    mata saya minus gara2 kebanyak ngadep komputer, huhu

  19. dhila13 mengatakan:

    makanya harus bisa atur jadwal berapa lama duduk di depan kompie.😀

  20. achoey el haris mengatakan:

    Salam persohiblogan
    Maaf baru blogging lagi nih daku
    Sudahkah memiliki dan membaca novel Sahaja Cinta? (iklah, hehe)

    Makasih dah di kasih tahu. Jadi jangan lama2 kalo gitu ya😀

  21. Asop mengatakan:

    Paling sering saya alami adalah mata merah.😦

  22. Usup Supriyadi mengatakan:

    yalah, jangan berlebihan. saya biasanya rubah posisi, kadang duduk, kadang berdiri, kadang tiduran, kadang sambil jalan-jalan. wkwkkw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s