kenapa ya dari dulu sampai sekarang saya kok belum _ _ _ _
Photobucket

ngomongin tentang bahasa bule terus terang sampai sekarang saya ga pernah nyambung klo dengerin film ato lagu berbahasa asing. bukan karena saya terlalu cinta sama bahasa indonesia raya tapi memang dari dulu saya ga pernah bisa berbahasa inggris. sudah pernah sih coba les sana-sini tapi hasilnya ya gitu masih a, i, u, e, o klo bicara. banyak orang yang bilang ke saya klo kamu pingin bisa bahasa bule ya mending kamu pergi tu ke negrinya. coba tinggal di sana satu-dua tahun pasti bisa sendiri. setelah saya pikir-pikir ternyata ada benarnya juga sih, soalnya bahasa bukan hafalan yang harus di hafalkan tapi untuk di biasakan dan itu terbukti. kebetulan saya punya teman SD yang dulu waktu SD dia anak pindahan. saya ga tahu kerja ayahnya apa tapi kemungkinan dia hidupnya nomaden “berpindah” dari satu tempat ke tempat lain. sekarang katanya dia menetap di negri kanguru australia. saya juga baru tahu sekitar tahun 2007-an ketika ga sengaja nemuin dia di grup SD yang ada di facebook dan tanpa pikir panjang langsung saya add aja facebooknya. saya baru kerasa pas lagi ngomong lewat chat yang ada di facebook. waktu lagi chat bahasa yang di gunakan sudah aneh-aneh, bukan lagi seperti ketika waktu kita SD dulu “indo-jowo” tapi sudah “indo-jowo-londho” campur semua jadi satu. sensasi yang saya rasakan waktu itu “ngomong sama dia berasa ngomong sama cinta laura cuman bedanya cinta laura ga bisa bahasa jawa . tapi klo lihat statusnya yang ada di facebook bisa di pastikan dia sudah fasih dalam berbahasa inggris.

dari sini saya jadi sadar klo bahasa inggris benar-benar bukan untuk di hafalkan “ini yang saya lakukan, menghafalkan terus tanpa pernah mempraktekan jadinya ya ga bisa-bisa” . tapi yang jadi pertanyaan apa harus saya pergi ke negri seberang cuma buat bisa menguasai bahasa inggris

tapi klo cuma di sini ya ga bisa maju-maju soalnya saya ga punya partner yang bisa di ajak ngomong bahasa bule “bukan ga punya, tapi sama-sama ga bisa ngomong bule jadi malu mau ngomong” . sebenarnya saya ingin sekali berangkat ke kediri buat belajar bahasa inggris tapi gimana sama kuliah klo harus di tinggal ke sana. lho kenapa harus jauh-jauh ke kediri

soalnya pernah dengar cerita dari teman saya yang kebetulan pernah les di sana. di daerah kediri katanya  ada suatu kampung yang di juluki kampung inggris . kenapa di juluki kampung inggris kata dia soalnya di sana ada puluhan bahkan ratusan tempat les bahasa inggris yang nimbrung dalam satu kampung. terus siswa yang les di sana juga di wajibkan ngomong bahasa inggris klo ga pingin kena denda. tapi untungnya bahasa inggris ternyata di amini sama tukang becak, warung-warung makan dan warga yang ada di sekitar desa walaupun ga semua sih. inilah yang bikin orang yang les di situ bisa cepat menguasai bahasa inggris karena lingkungan juga mendukung untuk bisa berbahasa inggris. selain itu juga yang bikin tempat ini terkenal adalah karena biaya hidup yang murah “kata teman saya” .  penjelasan teman saya ini lagi-lagi merujuk pada “bisa karena membiasakan” dan ujung-ujungnya mencari partner yang bisa di ajak ngomong inggris .
Kenapa sih triiz kok kamu ngotot bgt pingin bisa bahasa inggris
Bukan cuma bahasa inggris, sebenarnya saya juga pingin bisa bahasa arab soalnya ini kan bahasa yang di gunakan ga cuma di dunia tapi juga dunia akherat insya Allah. tapi mungkin lebih karena memang bahasa inggris adalah bahasa internasional jadi klo ingin berhubungan sama orang di seluruh dunia ya mau ga mau kuasailah bahasanya dulu kan “coba klo dulu bahasa indonesia yang di jadikan bahasa sejuta umat “. selain itu belajar bahasa juga bisa meningkatkan dan menajamkan daya ingat kita. dengan aktifitas mengingat begitu banyak kosakata yang ada ketika belajar bahasa asing maka dengan sendirinya akan mengaktifkan sambungan-sambungan neuron yang ada di otak kita. coba bayangin, otak kita punya lebih dari 1 triliyun sel yang terhubung oleh dendrit dan akson. klo itu ga di rawat dengan aktifitas mengingat bisa-bisa kita jadi cepat lupa “pikun”. itulah kenapa saya kok ngotot pingin belajar bahasa asing, selain kita bisa berhubungan dengan dunia luar kita juga bisa menjaga agar otak kita setap sehat dan ga gampang lupa.

kembali ke bahasa bule, at least dari penjelasan yang panjang lebar kayaknya saya cuma berkeluh kesah ya . point yang bisa saya tangkap mulai dari penjelasan teman sampai kampung inggris, inti dari kita bisa ngomong inggris fluently adalah habit/kebiasaan. kemudian saya mulai berfikir how I can speak english fluently if I don’t have a partner? ya lagi-lagi masalahnya adalah saya ga punya partner yang bisa di ajak ngomong bahasa inggris. terus saya jadi mikir kenapa ga di coba aja bikin blog berbahasa inggris, ini kan bisa sebagai ganti partner ngomong. tapi masalah lagi, klo saya nulis inggris tapi ga ada yang koreksi/ngingatkan benar salahnya bisa-bisa salah kaprah lagi kan. dari pencarian mencari solusi ini akhirnya saya menemukan suatu website yang bisa mengajari kita semuanya dengan gratis “akhirnya muncul juga pencerahan. bahkan kita bisa langsung berinteraksi sama native speaker . sahabat pasti ga asing lagi kan dengan istilah BBC. ga di sangka BBC salah satu media terkemuka di inggris ini ternyata menyediakan fasilitas learning english di webnya. di sana kalian bisa belajar sepuasnya mulai dari grammar, vocabulary, pronunciation dan lainnya yang di kemas secara menyenangkan. buat yang suka tantangan juga di sediakan kuis juga lho untuk ngelatih pemahaman kita “kayaknya ini buat yang sudah expert”. dan enaknya lagi semua bisa kita download buat belajar di rumah baik itu conversationnya yang versi pdf atau mp3. klo masih belum puas kita bisa tuh mendaftar jadi murid di sana lewat blog. jadi ketika kita ngeblog dalam bahasa inggris kita akan di koreksi oleh teacher blogger dan  akan di berikan specific advice to help the student improve her/his writing. gimana menarik kan? mungkin ini juga bisa jadi jalan keluar buat sahabat yang punya masalah sama seperti saya dalam belajar bahasa asing. selamat belajar bahasa sule bule

Photobucket
Salam Persahabatan ,-

~Semoga Bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga, serta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.

Komentar
  1. sulunglahitani mengatakan:

    Yup, betul banget. sekarang ini, kita mesti kuasai bahasa inggris. saya aja yang jurusan pendidikan bahasa indonesia, tetep belajar bahasa inggris msk scr otodidak. soalnya pgn jdi dosen yg ngjar bahasa indonesia buat para bule😀
    di australia, udh bnyak lho univ yg mewajibkan mata kuliah bahasa indonesia. saya bangga *meluk tiang bendera

  2. nilanila mengatakan:

    wah infonya oke banget mas, kapan2 saya mampir ke websitenya BBC deh, kalo saya boleh saran ya mas, bahasa inggris itu kuncinya ‘practice’ kog, ya makin sering practice lama2 kita akan terbiasa. saya juga punya masalah yg sama, bingung mau belajar di mana? sama siapa? udah les ini-itu kog ya sama2 aja? so beberapa waktu lalu, saya coba IELTS preparation, menurut saya IELTS memiliki beberapa kelebihan ketimbang les2 spt TOEFL, conversation, dll, krn semuanya ada di situ. Selain itu, dalam sesi IELTS ada academic writing, nah solusi ini bener2 ampuh deh mas, mau ga mau, suka ga suka, kita memang ‘dipaksa’ untuk menulis. tulisan itu kan ya pembicaraan yang dituangkan dalam kertas ya? ga perlu ngomongin grammar/ vocab, dll dulu mas, pokoknya ya ‘say what you wanna say’ latian ‘berani’ untuk mengutarakan pendapat, itu dulu aja, ga perlu malu, karena yg namanya bule ya pasti paham dan ga akan ‘ngetawain’ kita kok kalo salah ucap, karena mereka maklum, itu kan bukan bahasa utama kita kan? so why not?🙂
    setelah itu, kalau sudah terbiasa, kita bakal tau deh, mana kata yg pas? mana yg engga?
    ya ini dari pengalaman saya aja sih mas, menulis itu sangat membantu kita untuk melatih daya ingat penggunaan vocab bahasa inggris,🙂
    selamat menulis!

    • Triiz mengatakan:

      makasih bgt ya mba nila, sangat bermanfaat sarannya…
      pingin bisa nulis b.inggris kayak mba, ntah kapan tp pasti saya coba🙂
      mba, makasih ya tulisan saya dah mau di revisi:mrgreen:

      salam persahabatan ,-

  3. Pendar Bintang mengatakan:

    Bahasa indonesiaku aja masih salah tulis and blepotan dan kadang sering salah persepsi😳

    Tapi dilingkungan kerja ok londhobahasa inggris menjadi wajib apalagi boss ku wong londho tenanan, asli totok londho lha aku asistene piye mas….pokok e ayo belajar, totok kebiasaan iso fluent kok🙂

  4. Ahsan mengatakan:

    Jangankan bahasa inggris, bahasa pulau sebelah (baca : madura) saja saya masih belum paham😦

  5. dhila13 mengatakan:

    ah saya aja bahasa indonesia masih belepotan hehhehehe

  6. Rubiyanto mengatakan:

    Bahasa yang sampe sekarang aku juga ngga ngerti …..

  7. Gusti 'ajo' Ramli mengatakan:

    saya juga pengen belajar bahasa bule…. tapi blom lancar….😦😦

  8. veera mengatakan:

    hoho, kalo aku malah (sok) bisa…. *padahal gabisa*
    eheheh:mrgreen:

  9. Rahad mengatakan:

    yg paling simpel sih dgn nonton film bahasa inggris atau dengerin lagu2 bahasa bule😀
    cara ku kayak gitu:mrgreen:

  10. lozz akbar mengatakan:

    please don’t smoking in this room.. hehehe lidahku kecakot pas ngomong

  11. tunsa mengatakan:

    kenapa bahasa krama jawa tidak banyak peminatnya yah? meskipun kita orang jawa tapi belum tentu bisa bahasa jawa lho..apalagi aksara jawa,😀
    mari kita belajar bahasa arab, saya juga pingin, hehehe

    • Triiz mengatakan:

      pingin sih mas,
      apa lagi klo bahasa jawa di jadi’in bahasa internasional kan pasti banyak orang yang mempelajari🙂

      salam persahabatan ,-

  12. Mimi mengatakan:

    nggak jaminan mutu deh les, mau berapa tahun juga kalo cuma mencoba mengerti tapi nggak ada prakteknya nooool hhi.. *pengalaman

    Lama nggak mampir kemari, Happy Blogging🙂

  13. coekma mengatakan:

    yak tul… yuk maen ke amrik sono, emang dijamin 2 minggu aja lancar ngomongnya…

  14. Usup Supriyadi mengatakan:

    buahahahahha…
    learning to do *halah* or learning by doing

  15. anla arinda mengatakan:

    pokoknya ngomong dulu saja lah…
    how if…writing in english on our blog? :mrgreen:

  16. nurrahman18 mengatakan:

    terkadang main ke bbc,tp jarang ngeh masalah belajar english disana. ntar nyoba deh, makasih infonya😀. ohiya, katanya belajar bahasa itu lbh didominasi oleh otak kanan, jd memang bukan semata dihapalkan, tp dipraktekan dan dirasakan kebiasaan😀

    • Triiz mengatakan:

      yupz, masuk kerja otak kanan tu mas, otak kanan sifatnya jangka pendek jadi klo lama ga di gunakan ya ilang deh

      salam persahabatan ,-

  17. gerhanacoklat mengatakan:

    ayoo belajar belajaaar

  18. venusv3 mengatakan:

    karena sekarang era globalisasi mau gak mau kita harus paham bahasa minimal bahasa inggris..
    semangat belajar aja ^_^
    share ke blog saya ya

  19. vittayuni mengatakan:

    Anak saya, sejak umur 10 tahun kemampuan bahasa Inggrisnya sudah selevel dengan tantenya yang kuliah. Dia tidak pernah kursus atau belajar secara khusus. Mungkin hobinya nonton DVD dengan subtittle english yang bikin dia lumayan kemampuan englishnya. Silakan dicoba….

  20. Sya mengatakan:

    Wah saya baru tau kalo di Kediri ada kampung Inggris. Keren!

  21. Asop mengatakan:

    Saya juga pengen belajar bahasa jerman.😐

    Mas, kita ke amerika ato inggris yuk, tinggal di sana selama setahun. Saya yakin kita udah lancar cas-cis-cus bahasa inggris nanti.😀

    Kelemahan saya apalagi kalo bukan soal listening. Saya baca masih bisa ngerti. Tapi kalo dengerin langsung orang bule ngomong kayak orang lagi kumur2.😆 Untuk melatih pendengaran, kita ke Inggris sana yuk!😀

  22. Aan Subhan mengatakan:

    pengusaan bahasa harus dipraktekkan..

  23. diananeeh mengatakan:

    saya juga sama tuh kaya mas tris masalahnya, btw kata guru b. arab saya jaman madrasah dulu, kata beliau lebih mudah bahasa arab dibanding bahasa inggris, contohnya b.ingg nya satu tulisannya one dibaca one bukan wan klo b.arab nya satu ya tulisannya wahidun dibacanya wahidun itu versi guru madrasah rasa loh (secara dia faseh b. arab jadi bilanggnya gampang) klo saya sama susahnya antara b.arab dengan b.inggris😦

  24. AsepSaiba mengatakan:

    Bangga sama bahasa sendiri aja deh…😀

  25. bundadontworry mengatakan:

    bener Trizz ,kalau bisa mau lancar berbahasa asing, kita mesti mempraktekkannya🙂
    satu hal yg pernah bunda alami, adalah ketika pernah berhadapan langsung dgn orang inggris, bahasa inggris bunda yg tarzan dan pas2an, sangat memalukan, tapi………..si orang inggris ini malah bilang, kamu hrs terus mencobanya, saya akan mengoreksinya, jgn pernah takut salah, krn itu kan bukan bahasa ibu kamu, jadi , let’s speak it out, jangan takut ditertawakan …………….
    so, let’s start speaking english……………🙂
    salam

    • Triiz mengatakan:

      wah beruntung ya bunda bisa ketemu si bule, saya aja ga pernah sama sekali ngomong sama si bule bun:mrgreen:
      yupz, jangan takut salah🙂

      salam persahabatan ,-

  26. Fonega mengatakan:

    aku les di kediri tahun kemarin, tapi tetep aja ga oke

  27. 170p3'x mengatakan:

    Seperjuangan berarti mas, aku juga lagi belajar bahasa si bule yang satu ini, tapi tetep aja blm bisa2..Namanya juga bahasa linggis mas,,,ha ha

    salam kenal🙂

  28. Ajeng Rismaniar mengatakan:

    yang tau hanya ‘yes” and “no”,Right??hahaha…senasib!

  29. negeribocah mengatakan:

    pengin punya blog pake bahasa bule
    tapi masih malu takut salah nulis … hehehe

  30. Mabruri Sirampog mengatakan:

    saya juga paling ga mudeng kalau liat orang pada ngomong bahasa bule,,
    males juga buat mempelajarinya mas..😀

Tinggalkan Balasan

