saat 10 hari terakhir ramadhan

Posted: September 3, 2010 in ramadhan, Uncategorized

apa yang kita bisa lakukan di 10 hari yang terakhir ini…!!!

sahabat, sekarang kita telah menginjak 10 hari terakhir di bulan ramadhan yang mulia ini. andai saja  ini sebuah film layar lebar yang di putar di biskop-biskop kesayangan kita semua berarti sekarang ini kita telah mencapai klimaks dari film ituBaby Soldier emoticon. tapi bedanya kl orang nonton biskop moment klimaks adalah moment yang paling ditinggu-tunggu para penontonnya sedangkan khusus untuk ramadhan hanya orang-orang tertentu saja yang antusias melihat klimaks dari film ini dan sisanya pergi deh melihat film yang lebih menarik.

kenapa saya bilang seperti itu Yellow Head Funny Smiley

coba sahabat perhatikan, lebih banyak mana orang yang berbondong-bondong ke masjid di 10 hari terakhir ramadhan di bandingkan orang yang ke mall-mall,pusat perbelanjaan, supermarket untuk membeli perlengkapan lebaran pada 10 hari terakhir ramadhan. apa lagi biasanya ada diskon besar-besaran Yellow Head Funny Smileyjuga pada moment 10 hari terakhir menjelang lebaran. pasti sudah tahu kan maksudnya, banyak sekali orang ketika menjelang hari-hari kemenangan itu tiba mereka malah di sibukkan dengan pakaian baru, makanan untuk menyambut sanak saudara yang nanti berkunjung untuk silaturahmi, beli sana-sini, yang pada akhirnya menjadikan ini sebagai ” klimaks dari bulan ramadhan”.

terus gaimana sih seharusnya kita menyambut 10 hari terakhir bulan ramadhan Yellow Head Funny Smiley

sahabat, tauladan kita Rasulullah SAW  ketika 10 hari terakhir bulan ramadhan beliau  lebih bersungguh-sungguh dalam beribadah dibandingkan dengan hari-hari biasanya. bahkan Aisyah RA Isteri Rasulullah SAW sendiri menceritakan bagaimana aktivitas Rasulullah SAW di sepuluh akhir Ramadhan,

“Saat itu, pada sepuluh hari terakhir menjelang, Rasulullah mengencangkan, menghidupkan malamnya, dan membangunkan isterinya.”

(HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi dari Aisyah sebagaimana termaktub dalam kitab shahih Al-Jami’ Ash-Shaghir, halaman 4910)

kenapa harus di sepuluh hari yang terakhirYellow Head Funny Smiley

mungkin kalian semua sudah tahu karena pada malam-malam terakhir di bulan ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan (ekivalen dengan 83th). kl kita hitung malam ini bisa di bilang ini adalah suatu malam yang lebih baik dari seluruh hidup kita (soalnya orang indonesia pada umumnya memiliki umur hidup sekitar 50-60th).

sahabat, malam lailatul Qadar memang unik. jika dibayangkan lailatul qadar bagaikan sebuah perhiasan yang sangat cantik, lebih mewah dari emas, bercahaya dan sangat langka. karena barang ini langka jadi nggak heran kl harga belinya juga jadi sangat mahal. lailatul qadar hanya dapat dibeli dengan pengorbanan jiwa raga, dengan amalan-amalan ibadah yang telah dituntun oleh Agama seperti melakukan qiyamullail, berpuasa sesuai tuntunan, tilawah dan tadarus Al-Quran dengan tadabbur, berdoa, zikir, memperbanyak istighfar, muhasabah diri, perbanyak sedekah serta amalan ma’ruf lainnya untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat pada umumnya.

mudah-mudahan bekal yang kita kumpulkan dari awal ramadhan sampai menjelang akhir ini dapat menjadi modal kita untuk bisa membeli malam yang sangat mahal ini,amien…

Salam Persahabatan ,-

~Semoga Bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga ,eramuslim,kotasantri, serta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.

Komentar
  1. ummurizka mengatakan:

    nice post mr…itulah fenomena 10 malam terakhir disekitar kita, lebih banyak disibukkan untuk urusan duniawi, sedangkan obral pahala ditawarkan malah diabaikan…kapan ya kita bisa mereformasi pola pikir masyarakata yang salah tersebut😦

  2. bintangzohra mengatakan:

    salam lebaran dan sebaik-baik ucapan ialah ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin

  3. Azka mengatakan:

    Zaman sudah berubah. Mari kita saling mengajak dalam kebaikan.
    Zaman boleh hancur, tapi akhlak jangan ikut-ikutan hancur.
    Salam kebenara. Tulisan yang mengajak untuk kebaikan. Ssiippp…

  4. اسوب سوبرييادي mengatakan:

    ironi memang jika sekarang diperbandingkan dengan kalangan salaf dahulu, salam😀

  5. Andi mengatakan:

    terima kasih atas nasihatnya mas…. mari kita mengikuti Rasulullah dalam menyikapi 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini.

  6. An mengatakan:

    Semoga amalan kita di bulan ramadhan ini diterima. Amiin

  7. hanif mengatakan:

    Kita tak seperti sahabat yang menangis karena Ramadhan akan segera berakhir. Kita sibuk menyiapkan baju-baju kita, parcel kita, menghamburkan harta kita. Kita seakan akan keluar dari ruang yang pengap, dan perlu perayaan karena.
    Astagfirulloh..mari sama-sama beristigfar.

  8. Rizal Islami mengatakan:

    makasihpostingannya mengigatkan…

  9. Adi mengatakan:

    semoga kita dapat malam lailatul qodr…

  10. Pesona Muslim mengatakan:

    subhanallah…………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s