gimana bahan bakar yang kita isi di pom-pom bensin bisa membuat kendaraan kita berjalan…Yellow Head Funny Smiley

 

sahabat, seperti yang pernah saya katakan sebelumnya kl untuk beberapa bulan ini saya akan mengajak blog “catatan sederhana” untuk ikut berjuang mengejar impian dan harapan saya dan orang tua saya agar cepat lulus kuliahYellow Head Funny Smiley. dan berhubung saya kuliah di jurusan teknik mesin jadi tulisan kali ini nggak jauh-jauh sama yang namanya mur,baut,tang dunia permesinan,OKYellow Head Funny Smiley

sahabat,tahu nggak gimana jalannya bahan bakar yang kita isi di pom bensin sampai akhirnya menjadi gas buang/asap kendaraan “bahasa kerennya mungkin polusi udaraYellow Head Funny Smiley“?? yuk kita cari tahu sama-sama…

bensin/bahan bakar sebenarnya cuma satu dari tiga unsur (panas dan udara) agar terciptanya suatu pembakaran. pembakaran ini di butuhkan untuk bisa menghasilkan daya yang nantinya akan  menggerakkan kendaraan kita. agar kalian nggak tambah bingung silahkan di lihat skema penyaluran bahan bakar di bawah ini

jadi ketika kita beli bensin(bahan bakar=unsur pertama),bensin itu masuk melalui lubang ventilasi dan kemudian di tampung di dalam tangki bahan bakar. selanjutnya dengan pompa bahan bakar, bensin di alirkan dari tangki menuju karburator untuk di lakukan pencampuranBaby Soldier emoticon dengan udara (udara=unsur ke dua). sebelum menuju ke karburator, bahan bakar di bersihkan dulu dari kotoran/partikel-partikel kecil dengan saringan bahan bakar agar nggak mengganggu aliran dan menyumbat saluran bahan bakar. sama seperti bahan bakar, udara yang dari atmosfir juga di saring dengan saringan udara agar nggak ada kotoran yang ikut terbawa. akhirnya berjumpalah udara dan bahan bakar ini di dalam karburator untuk melepas rindu di atur pemasukan,pencampuran dan pengabutannya agar di dapatkan perbandingan udara dan bahan bakar yang sesuai.

pencampuran udara dan bahan bakar ini terus berlangsung mulai dari dalam karburator,saluran isap (pada gambar animasi di atas saluran isap/intake berada di sebelah kanan) sampai sebelum campuran ini di bakar oleh percikan api (panas=unsur ke tiga) yang berasal dari busi (pada gambar animasi di atas busi berada di sebelah tengah antara katup isap dan katup buang) agar di dapatkan campuran yang benar-benar homogen dalam setiap silinder. setelah proses pembakaran selesai sisa pambakaran kemudian di buang melalui katup buang/exhaust (pada gambar animasi di atas katup buang berada di sebelah kiri) menuju ke gas buang/knalpot untuk di lepas ke lingkungan.

gimana, sudah paham apa malah tambah bingungYellow Head Funny Smiley

maaf ya sahabat kl penjelasan saya kurang memuaskan soalnya saya juga lagi belajar jadi harap maklumYellow Head Funny Smiley. kl ada penjelasan saya yang salah tolong di ingatkan ya agar informasi yang saya berikan benar-benar bermanfaat buat kalianYellow Head Funny Smiley

 

 

pic:saya ambil dari bukunya pak wiranto yang berjudul “penggerak mula motor bakar torak”

Salam Persahabatan ,-

 

 

~Semoga Bermanfaat~

thank’s to :my GOD,keluarga, serta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.

Artikel lain:

artikel wordpress:

Tips memasang banner di blog

Trik memasang kode di postingan dengan benar agar bisa di copy paste pengunjung dengan baik

Cara memasang google translate di blog

kode gambar google translate

Cara memasang widget di sidebar

Cara memasang yahoo massanger di blog

Membuat latar belakang berwarna

artikel SEO:

artikel photography:

Situs gambar dan foto berkualitas tinggi

artikel kehidupan:

Kesederhanaan hidup seorang pembesar

Hanya segelas es teh

Indahnya kata maaf…

Kenyataan Tragis Di Balik Kemeriahan World Cup 2010

kisah di masjid ampel

artikel agama:

indahnya mudik dan lebaran

saat 10 hari terakhir ramadhan

tips agar semangat bangun pagi

Nuzulul Qur’an ala Rasulullah

waktu pagi yang istimewa

tips agar semangat bangun pagi

kisah budak wanita salafussalih

bank ajaib

artikel umum:

sepatu oh sepatu, riwayatmu kini..

Perpeloncoan “Antara pendewasaan ataukah kebiasaan buruk”??

Sisi Lain World Cup 2010
 Afrika Selatan

Cara mendapatkan antivirus kaspersky gratis dan legal

memasang gambar animasi upin dan ipin di blog

Komentar
  1. pejuang1924 berkata:

    Mencerdaskan sekali.. 🙂

  2. Rizki Aji berkata:

    jian, malah tambah bingung.. butuh kuliah singkat soal ini hehe

  3. Asop berkata:

    Kalo begitu, fungsi pelumas untuk apa? 🙂

    • hehehe :mrgreen:
      kl setahu saya sih pelumas tu fungsinya untuk membuat celah (gap) antar dua permukaan yang saling bersentuhan agar intensitas kontak antara keduanya berkurang. seperti gambar di atas mas asop misalnya, gesekan antara cincin torak dengan dinding silinder,bisa juga antara roda gigi satu dengan pasangannya,poros dengan bantalannya,dan banyak lagi komponen lain yang saling bergesekan..

      salam persahabatan ,-

  4. meluncur ke TKP 😀

    salam persahabatan ,-

  5. areks berkata:

    kunjungan malam nih, sip deh buat artikelnya

  6. roy berkata:

    he he…
    makasih kawan infonya………
    manfaat wat nambah ilmu ^_^

  7. 'Ne berkata:

    hehe tetep kurang bisa memahami :mrgreen:
    btw, lama gak berkunjung nih.. apa kabarnya?

  8. Mila berkata:

    Kunjungan sore 🙂

  9. Fadhly berkata:

    Wah sudah lama rasanya saya tidak berkunjung ke blog ini lagi… 😀

  10. shu_enk berkata:

    Nice Info bro… 😀

  11. Mimi berkata:

    jadi tau saia hhi..

    di tunggu postingan berikutnya 🙂

  12. galuhsurya berkata:

    Bismillah…

    Salam kenal…

    Nice artikel… Coba kalo ditambahkan hal2 yg bisa menghemat penggunaan bensin gitu.. he3x..

  13. Dahrun Marada berkata:

    Jadi montir aja, he…he…he………….

  14. sedjatee berkata:

    mengilhami pemikiran tentang mesin
    kita akrab dengan teknologi
    tapi terkadang tak tahu proses kerjanya
    thanks pencerahannya..
    salam sukses..

    sedj

  15. sibair berkata:

    wih mantap nih mas… hehehe saya faham sedikit mas… 🙂 hehhe

  16. darmantomuat berkata:

    intinya klo bagi saya yang tak tau menau masalah mesin sperti itu… ada uang untuk beli bahan bakar dan mbrrrmmmmmm….brangkat.. 🙂 🙂

    salam,

  17. asepsaiba berkata:

    Jadi inget pelajaran otomotif waktu jaman SMP.. Torak, 2 tak, 4 tak.. halah..

    Oya, mas triiz sekalian mau laporan, dan minta maap sy baru sempat pasang link blognya…

    Salam,

  18. Pendar Bintang berkata:

    Hadoooooh!!!

    Tak baca dua kali tambah hadoooh, ha h aha

  19. Mila berkata:

    Kunjungan malam lagi:)

  20. soebadri berkata:

    ow… begono toh

  21. Mila berkata:

    kunjungan malam 🙂

    apa kabar?

  22. hudaesce berkata:

    Aku dapat Pertamaxxxxxx……….,
    Oo……,begitu ya, Prinsip kerjanya. jadi tambah wawsan tentang otomotif nih. 🙂

Tinggalkan Balasan ke darmantomuat Batalkan balasan