gimana bahan bakar yang kita isi di pom-pom bensin bisa membuat kendaraan kita berjalan…
sahabat, seperti yang pernah saya katakan sebelumnya kl untuk beberapa bulan ini saya akan mengajak blog “catatan sederhana” untuk ikut berjuang mengejar impian dan harapan saya dan orang tua saya agar cepat lulus kuliah. dan berhubung saya kuliah di jurusan teknik mesin jadi tulisan kali ini nggak jauh-jauh sama yang namanya mur,baut,tang dunia permesinan,OK
sahabat,tahu nggak gimana jalannya bahan bakar yang kita isi di pom bensin sampai akhirnya menjadi gas buang/asap kendaraan “bahasa kerennya mungkin polusi udara“?? yuk kita cari tahu sama-sama…
bensin/bahan bakar sebenarnya cuma satu dari tiga unsur (panas dan udara) agar terciptanya suatu pembakaran. pembakaran ini di butuhkan untuk bisa menghasilkan daya yang nantinya akan menggerakkan kendaraan kita. agar kalian nggak tambah bingung silahkan di lihat skema penyaluran bahan bakar di bawah ini
jadi ketika kita beli bensin(bahan bakar=unsur pertama),bensin itu masuk melalui lubang ventilasi dan kemudian di tampung di dalam tangki bahan bakar. selanjutnya dengan pompa bahan bakar, bensin di alirkan dari tangki menuju karburator untuk di lakukan pencampuran dengan udara (udara=unsur ke dua). sebelum menuju ke karburator, bahan bakar di bersihkan dulu dari kotoran/partikel-partikel kecil dengan saringan bahan bakar agar nggak mengganggu aliran dan menyumbat saluran bahan bakar. sama seperti bahan bakar, udara yang dari atmosfir juga di saring dengan saringan udara agar nggak ada kotoran yang ikut terbawa. akhirnya berjumpalah udara dan bahan bakar ini di dalam karburator untuk melepas rindu di atur pemasukan,pencampuran dan pengabutannya agar di dapatkan perbandingan udara dan bahan bakar yang sesuai.
pencampuran udara dan bahan bakar ini terus berlangsung mulai dari dalam karburator,saluran isap (pada gambar animasi di atas saluran isap/intake berada di sebelah kanan) sampai sebelum campuran ini di bakar oleh percikan api (panas=unsur ke tiga) yang berasal dari busi (pada gambar animasi di atas busi berada di sebelah tengah antara katup isap dan katup buang) agar di dapatkan campuran yang benar-benar homogen dalam setiap silinder. setelah proses pembakaran selesai sisa pambakaran kemudian di buang melalui katup buang/exhaust (pada gambar animasi di atas katup buang berada di sebelah kiri) menuju ke gas buang/knalpot untuk di lepas ke lingkungan.
gimana, sudah paham apa malah tambah bingung
maaf ya sahabat kl penjelasan saya kurang memuaskan soalnya saya juga lagi belajar jadi harap maklum. kl ada penjelasan saya yang salah tolong di ingatkan ya agar informasi yang saya berikan benar-benar bermanfaat buat kalian
pic:saya ambil dari bukunya pak wiranto yang berjudul “penggerak mula motor bakar torak”
Salam Persahabatan ,-
~Semoga Bermanfaat~
thank’s to :my GOD,keluarga, serta para sahabat blogger yang telah menginspirasi terciptanya artikel ini.
Artikel lain:
artikel wordpress:
Trik memasang kode di postingan dengan benar agar bisa di copy paste pengunjung dengan baik
Cara memasang google translate di blog
Cara memasang widget di sidebar
Cara memasang yahoo massanger di blog
cara membuat banner untuk blog
Membuat text area pada sidebar
membuat theme dengan wordpress theme generator
Tips Meratakan/Merapikan tulisan(justify)
Membuat latar belakang berwarna
permak tulisan dengan efek stabilo
apa sih RSS,RSS reader dan feed itu?
Daftar layanan sosial bookmark terpopuler
cara memasang background pada tulisan/posting
artikel SEO:
Teknik Naikkan PageRank Sekaligus Datangkan Ribuan Backlink ke Blog Anda
cara mendapatkan backlink gratis dengan mudah
artikel photography:
Tips Fotografi dengan Alat Terbatas
Situs gambar dan foto berkualitas tinggi
artikel kehidupan:
Kesederhanaan hidup seorang pembesar
Kenyataan Tragis Di Balik Kemeriahan World Cup 2010
artikel agama:
saat 10 hari terakhir ramadhan
tips agar semangat bangun pagi
tips agar semangat bangun pagi
kisah budak wanita salafussalih
artikel umum:
sepatu oh sepatu, riwayatmu kini..
Perpeloncoan “Antara pendewasaan ataukah kebiasaan buruk”??
Sisi Lain World Cup 2010 Afrika Selatan
Cara mendapatkan antivirus kaspersky gratis dan legal
memasang gambar animasi upin dan ipin di blog
Berbuatlah yang Terbaik Dan berbahagialah Hari ini
Mencerdaskan sekali.. 🙂
jian, malah tambah bingung.. butuh kuliah singkat soal ini hehe
Kalo begitu, fungsi pelumas untuk apa? 🙂
hehehe
kl setahu saya sih pelumas tu fungsinya untuk membuat celah (gap) antar dua permukaan yang saling bersentuhan agar intensitas kontak antara keduanya berkurang. seperti gambar di atas mas asop misalnya, gesekan antara cincin torak dengan dinding silinder,bisa juga antara roda gigi satu dengan pasangannya,poros dengan bantalannya,dan banyak lagi komponen lain yang saling bergesekan..
salam persahabatan ,-
meluncur ke TKP 😀
salam persahabatan ,-
kunjungan malam nih, sip deh buat artikelnya
he he…
makasih kawan infonya………
manfaat wat nambah ilmu ^_^
amien..
salam persahabatan ,-
hehe tetep kurang bisa memahami
btw, lama gak berkunjung nih.. apa kabarnya?
kabar baik mbak ne’..
maap ya lama ga nongol cz lg banyak krjaan di bunia nyata 😀
salam persahabatan ,-
Kunjungan sore 🙂
Wah sudah lama rasanya saya tidak berkunjung ke blog ini lagi… 😀
hehehe,mas fadhly pindah rumah ke co.cc ya…
salam persahabatan ,-
Nice Info bro… 😀
wah kejar setoran ya,komennya hehehe :); buat yg punya blog numpang copas buat belajar yah,thx gambarna unik dah
hehehe,lg di kejar dedline ni mas 😀
salam persahabatan ,-
@Nurrahman18
asem igh… dikira tukang ojeg, yo wis ajeng pundi pak mangke kulo anter….
jadi tau saia hhi..
di tunggu postingan berikutnya 🙂
Bismillah…
Salam kenal…
Nice artikel… Coba kalo ditambahkan hal2 yg bisa menghemat penggunaan bensin gitu.. he3x..
makasih masukannya,insya Allah di lain waktu 😀
salam persahabatan ,-
Jadi montir aja, he…he…he………….
hahaha,tuntutan kuliah ni om 😀
salam persahabatan ,-
mengilhami pemikiran tentang mesin
kita akrab dengan teknologi
tapi terkadang tak tahu proses kerjanya
thanks pencerahannya..
salam sukses..
sedj
sukese selalu buat sahabatku sedjatee…
salam persahabatan ,-
wih mantap nih mas… hehehe saya faham sedikit mas… 🙂 hehhe
syukurlah 😀
salam persahabatan ,-
intinya klo bagi saya yang tak tau menau masalah mesin sperti itu… ada uang untuk beli bahan bakar dan mbrrrmmmmmm….brangkat.. 🙂 🙂
salam,
hati2 di jalan om darman,
salam persahabatan ,-
Jadi inget pelajaran otomotif waktu jaman SMP.. Torak, 2 tak, 4 tak.. halah..
Oya, mas triiz sekalian mau laporan, dan minta maap sy baru sempat pasang link blognya…
Salam,
wh kayaknya bisa sharing2 nih,hehehe…
Hadoooooh!!!
Tak baca dua kali tambah hadoooh, ha h aha
ada yg nggak beres tuh mbak, hehe…
hehehe,tuntutan kuliah nih…
ntr kl dah lu2s saya kembali normal kok 😀
salam persahabatan ,-
Kunjungan malam lagi:)
mbak mila kyk kelelawar ya datangnya malam terus,hehehe…
salam persahabatan ,-
ow… begono toh
😀
salam persahabatan ,-
kunjungan malam 🙂
apa kabar?
kbr baik mbak mila 😀
wah senangnya yg baru lu2s
salam persahabatan ,-
Aku dapat Pertamaxxxxxx……….,
Oo……,begitu ya, Prinsip kerjanya. jadi tambah wawsan tentang otomotif nih. 🙂
hehehe,semoga bermanfaat ya..
salam persahabatan ,-